Pemkab Situbondo Bangun Jamban Layak untuk Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp
Penyerahan jamban kepada warga yang tak memiliki jamban. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Misnaria, warga Desa Pesisir, Kecamatan Besuki tak kuasa menahan tangis setelah mendapat bantuan program pembangunan jamban keluarga dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Kamis (2/6/2022). Hal tersebut terjadi saat Bupati Situbondo, Karna Suswandi meninjau rumahnya.

Perempuan yang akrab disapa Bu Na ini menyampaikan, dirinya beserta keluarga sudah bertahun-tahun tidak memili fasilitas jamban yang layak. “Terima kasih Pak Bupati atas bantuannya,” ucapnya sambil menangis tersedu-sedu.

Bu Na mengakui, sudah lama dirinya ingin memiliki jamban keluarga yang layak. “Tapi penghasilan keluarga kami hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, tahun 2022 ada 660 unit jamban keluarga yang akan dibangun untuk keluarga yang masuk katagori kemiskinan ekstrim. “Bukan hanya itu saja, kami juga membangun rumah layak huni (Birulah) untuk 942 keluarga yang tersebar di 74 desa di 14 kecamatan di Situbondo,” tegasnya di acara sosialisasi Program Birulah dan pembangunan jamban keluarga di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah keluarga penerima bantuan program Birulah dan pembangunan jamban keluarga di tahun yang akan datang. “Karena target dari pemerintah pusat pada tahun 2024 kemiskinan ekstrim harus sudah tidak ada,” pungkasnya.

Tidak lupa, Bung Karna juga mengajak masyarakat untuk memberantas peredaran rokok ilegal di Situbondo. Mengingat keberadaan rokok ilegal merugikan negara dan masyarakat.

“Ketika rokok ilegal itu tidak diberantas, maka penerimaan negara dari sektor cukai akan menurun. Nah jelas ini berdampak terhadap Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT -red) yang kita terima,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, Forkopimda, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Forkopimka Besuki, dan para Kades. (ADV/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait