beritalima.com

Pemkot Madiun – BSN, Tandatangani MoU SPK Untuk Daya Saing Menuju Sosiety 5.0

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur – Badan Standardinasi Nasional (BSN) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) untuk daya saing Bangsa Menuju Sosiety 5.0, di ruang 13 Balaikota Madiun, Kamis 18 April 2019.

beritalima.com

Sebelum melakukan penandatanganan MoU, Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, dalam sambutannya mengatakan, upaya kerjasama ini dilakukan untuk peningkatan kwalitas pelayanan kepada publik yang muaranya untuk memberikan kepuasan pelayanan Pemkot kepada masyarakat.

“Ada lima hal yang masuk dalam MoU. Yakni kita melakukan usulan dan pengembangan Standart Nasional Indonesia (SNI), penerapan SNI, diseminasi standart penerapan dan penilaian kesesuian, peningkatan potensi SDM dibidang standart dan penilaian kesesuaian serta bimtek penerapan SNI dan kegiatan lainnya,” kata H. Sugeng Rismiyanto.

Walikota berharap kepada OPD, MoU ini tidak hanya semata menggugurkan kewajiban. Tapi harus ada manajemen target untuk perbaikan dan pembaharuan terkait dengan manajemen.

“Dimana OPD termasuk BUMD mengemban tanggungjawab yang cukup berat. Khususnya yang terkait dengan IKM yang ada di Kota Madiun. Ini suatu hal yang penting bagi kita semua,” tuturnya.

Sementara itu Kepala BSN, Bambang Prasetya, mengatakan, setelah dilakukan penandatangan MoU, Kota Madiun yang telah maju, ke depannya akan lebih dasyat karena sudah mengenal Standarisasi dan Penilaian Kesesuian (SPK).

“Menyambung apa yang disampaikan oleh bapak Walikota, kemajuan Kota Madiun, ketika kita menghadapi berbagai persaingan global biasanya kita tidak dapat menghindari apa yang dinamakan standarisasi. Karena pasar itu, biasanya memerlukan standar,” kata Bambang Prasetya.

Setelah penandatangan MoU, dilakukan panel diskusi pembinaan pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing penerapan SNI ISO 370001 : 2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dengan narasumber Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Dr Zakiah alaias Kiki dan dikusi panel pembinaan pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing dengan narasumber Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno, yang dihadiri perwakilan dari Industri Usaha Kecil (IKM).

Sebelumnya, tim dari BSN juga melakukan kunjungan ke sentra IKM kue Madumongso di Keluarahan Banjarejo dan sentra batik tulis di Jalan Halmahera.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Sekda Kota Madiun, Rusdiyanto, dan pimpinan OPD. (adv/Dibyo).

Ket.Foto: H. Sugeng Rismiyanto (kiri) Bambang Prasetya (kanan) membungkuk.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *