Pemkot Surabaya Buka Beasiswa untuk Jenjang SMA Sederajat Gelombang 2, Buruan Daftar!

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka kembali pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 2 yang dikhususkan bagi jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Pendaftaran beasiswa gelombang 2 ini tidak jauh beda dengan gelombang 1, termasuk juga persyaratannya. Beasiswa tersebut diharapkan dapat mengentas pemuda Surabaya yang putus sekolah.

“Bagi arek-arek Suroboyo yang hari ini butuh beasiswa dan menempuh jenjang SMA dan sederajat, silahkan mengajukan beasiswa kepada Pemkot Surabaya. Pendaftaran gelombang 2 ini mulai tanggal 23 Agustus sampai 7 September 2022. Jadi, ayo segera daftarkan diri kalian,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di ruang kerjanya, Kamis (25/8/2022).

Menurut Wali Kota Eri, program beasiswa ini untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Ia berharap beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi arek-arek Suroboyo. “Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan bahwa beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 sudah dibuka mulai tanggal 17-24 Juni 2022. Kini, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 ini sudah memasuki seleksi administrasi.

“Jadi, kita sudah saring MBR-nya dan studinya, karena terkadang adik-adik SMK ini tidak mengisi lengkap di aplikasi, sehingga kita tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu, makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata Wiwiek.

Ia juga memastikan bahwa beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya ini kuotanya sebanyak 13.415 siswa. Kuota itu sudah terpenuhi di gelombang 1 sebanyak 1.421 siswa, dan kuota di gelombang 2 sisanya dari gelombang 1, yakni sekitar 11.994 siswa. “Jadi, kuotanya sangat banyak. Monggo dimanfaatkan dan segera daftar,” tegasnya.

Kepala Bidang Kepemudaan, Disbudporapar Surabaya, Pudji Astuti, menjelaskan bahwa pendaftaran beasiswa ini tidak jauh beda dari gelombang 1. Pendaftaran beasiswa itu dilakukan melalui online di laman besmart.surabaya.go.id.

“Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan. Nantinya, mereka yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu peranak perbulan, terhitung sejak diputuskan,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas anak muda Surabaya, terutama yang menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Selain itu, program ini juga untuk mendorong pembelajaran SMA sederajat supaya pembelajarannya bisa optimal.

Pudji Astuti juga menjelaskan detail tentang persyaratan beasiswa itu, yaitu pemuda warga Surabaya (KK/KTP/ Kota Surabaya) yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA negeri/swasta atau sederajat, melampirkan rapor terakhir, memiliki kesehatan yang memadai, dan mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart, yaitu besmart.surabaya.go.id.

Sedangkan untuk layanan informasi bisa menghubungi di nomor 082132870798 atau bisa juga melalui Instagram di akun: @besmart.disbudporaparsby. Layanan informasi itu akan dilayani pada pukul 08.00-16.00 WIB. “Jadi, buruan daftarkan diri kalian mumpung waktunya masih ada. Jangan sia-siakan peluang ini,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait