Rakor Eliminasi TBC, Walikota Madiun: Penyakit Ini Merepotkan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana menggelar rakor Rencana Aksi Daerah (RAD) eliminasi Tuberkulosis (TBC) tingkat daerah, di Ballroom Sun Hotel Madiun, Kamis 25 Agustus 2022.

Rakor yang dihadiri Walikota Madiun, H. Maidi, membahas tentang keberadaan penyakit tersebut, juga upaya penanganannya agar bisa benar-benar diberantas.

“TBC harus kita kejar. Penyakit ini merepotkan. Bisa menular ke siapa saja,” kata H. Maidi.

Menurutnya, beragam upaya telah dilakukan Pemkot. Salah satunya, mensinergikan Puskesmas dan OPD untuk melaksanakan penyisiran TBC di wilayah Kota Madiun.

Tak hanya itu, upaya jemput bola bagi pasien suspect TBC juga telah dilakukan. Termasuk pendampingan untuk proses pengobatan hingga sembuh.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes PPKB Kota Madiun, dr. Ismudoko, mengatakan, TBC dapat disembuhkan. Namun, diperlukan komitmen kuat dari penderita dan orang-orang sekitar untuk mematuhi langkah-langkah penyembuhan.

“Ini yang biasanya sulit dilakukan masyarakat,” ucap dr. Ismu.

Untuk itu, ia mengimbau bagi penderita TBC agar bisa menjalani proses pengobatan sesuai aturan. Sehingga, penyakitnya tidak bertambah parah.

“Jangan malu untuk berobat. Semakin cepat tertangani, semakin cepat sembuh,” tandasnya. (Kmf/editor Dibyo)

H. Maidi (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait