Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan Internasional, Sukses Atasi Banjir Lewat Solusi IoT

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil memenangkan penghargaan bergengsi di ajang World Summit on the Information Society (WSIS) 2022. Di ajang penghargaan yang berlangsung di Swiss, pada akhir Mei 2022 lalu tersebut, Pemprov DKI Jakarta memenangkan kategori “ICT Application : e-Science” atas penerapan solusi IoT dalam sistem pemantauan banjir.

Solusi berbasis IoT tersebut dibangun Pemprov DKI Jakarta dengan kolaborasi bersama XL Axiata Business Solutions. Ajang WSIS Prizes 2022 diselenggarakan oleh The International Telecommunication Union. Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kehormatan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi ini.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengucapkan selamat kepada Pemprov DKI Jakarta dan Gubernur Anies Baswedan yang berhasil meraih penghargaan dalam ajang internasional yang sangat bergengsi ini.

“Sebuah kebanggan besar bagi kami bisa menjadi bagian untuk men-support Pemprov DKI Jakarta dalam inovasi penerapan sistem pemantauan banjir. Keberhasilan yang diraih ini, sekaligus menjadi sebuah pembuktian bagi kami, bahwa solusi IoT yang kami kembangkan memang mendapatkan pengakuan secara internasional dan terbukti penerapannya dalam membantu mengatasi masalah banjir di Jakarta,” ujar Feby, Minggu (19/6/2022).

Feby menjelaskan, solusi IoT monitoring atau pemantauan banjir yang dimaksud merupakan sebuah sensor radar yang akan memantau banjir, mengukur ketinggian air, kecepatan arus serta kondisi pompa air. Informasi dari sensor tersebut akan dikirim dan direkam dalam data logger untuk diintegrasikan sebelum diproses dan dianalisis sesuai parameter yang ditentukan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dalam penanganan bencana banjir. Closed Circuit Television (CCTV) juga digunakan untuk memantau kondisi di pintu air secara visual.

Feby menambahkan, saat ini XL Axiata Business Solutions masih terus melakukan pengembangan terhadap solusi pemantauan banjir. Proses implementasinya sendiri dibagi menjadi beberapa tahap. Saat ini tahap implementasi IoT yaitu connected devices sudah di lakukan sejak tahun 2021. (Gan)

Ki-ka: Kepala Satuan Pelaksana Pengembangan Sistem Jakarta Smart City, Rahan Yama Gusta, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika N. Rahmania, Head Solution Architect XL Axiata, I Dewa Putu Mas Bangbang Sumantri dan Kepala Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, saat menerima penghargaan di ajang WSIS 2022 di Jenewa, Swiss.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait