Pencegahan Karhutla di Aceh Tanggung Jawab Kita Bersama

  • Whatsapp

ACEH,beritalima.com-Jajaran Kodam Iskandar Muda mulai dari Korem, Kodim, Koramil saat ini gencar melaksanakan kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di seluruh wilayah Provinsi Aceh,hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda (Wakapendam IM), Letkol Caj (K) Dra Usni M.M, kepada Media di Gedung Media Center Kodam Iskandar Muda, Rabu 12/2/2020.

“Langkah itu sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Aceh, memasuki musim kemarau,kita minta kepada petani tidak membuka lahan baru dan melakukan pembakaran.

“Karhutla sangatlah mengganggu lingkungan terutama Masyarakat yang bukan petani, Saya juga berharap kepada rekan-rekan Wartawan juga ikut mensosialisasikan Karhutla melalui Medianya masing masing supaya Masyarakat lebih paham terhadap hal itu,” ucapnya.

Pencegahan Karhutla juga menjadi tanggung jawab bersama, terutama prajurit TNI, Jika sudah terjadi kebakaran, TNI bersama instansi terkait bakal dikerahkan untuk memadamkan api.

“Apa lagi lokasi kebakaran biasanya jauh dari perkampungan sehingga untuk ke lokasi harus berjalan kaki. Proses pemadamannya pun menggunakan alat seadanya seperti ranting-ranting kayu. Tetapi karena ini tugas dan demi kepentingan Masyarakat banyak.

Harapannya, pendekatan yang sudah dilakukan oleh para Babinsa, para Danramil dan para Dandim bisa direspon oleh Masyarakat, sehingga dapat mengurangi jumlah kasus kebakaran yang sering terjadi,” Ucapnya,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait