Pengoperasian Rute Jangkar-Lembar, Bupati Karna Pastikan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi rapat bersama membahas kesiapa pengoperasian pelabuhan Jangkar-Lemba. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyambut baik pengoperasian rute penyebrangan Jangkar-Lembar yang segara direalisasikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Sebab dengan adanya rute baru tersebut akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Jangkar.

Menurut orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini, dengan adanya rute pelayaran Jangkar-Lembar akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

“Disitu akan banyak warung-warung yang tumbuh dan berkembang baik. Kedua kemarin ada kapal dari Lembar ke Jangkar itu ada tukang ojek mendadak. Yang begitu-begitu inilah bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita,” ucapnya, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, dengan adanya rute pelayaran Jangkar-Lembar itu juga akan berdampak terhadap kunjungan masyarakat ke Pelabuhan Jangkar. “Dari situ kita dapat pendapatan dari parkir. Yang lebih penting lagi bagaimana nantinya hubungan dagang antara Situbondo dan NTB itu meningkat. Jadi ini yang kita manfaatkan,” tegasnya.

Lebih jauh, Bung Karna optimis perdagangan Situbondo nantinya akan surplus dengan adanya rute pelayaran Jangkar-Lembar tersebut. “Oleh karena itu para pengusaha harus melirik ini. Karena oleh pemerintah pusat jalur pelayaran Jangkar-Lembar ini mendapat atensi yang luar biasa,” tukasnya.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Kemenhub RI, Budi Setiyadi menyampaikan, pengoperasian rute pelayaran Jangkar-Lembar hanya tinggal menunggu surat keputusan (SK) penetapan tarif saja. “Saya kira persoalan infrastruktur dan yang lainnya sudah selesai ya. Saya berharap rapat kali ini, saya tinggal lapor ke Pak Menteri terkait apa yang menjadi realisasi rute ini segera selesai,” ujarnya.

Budi menjelaskan, saat ini penetapan surat keputusan (SK) tarif dan lintasan sudah di Biro Hukum Kemenhub. “Saya harap secepatnya segara selesai, sehingga rute pelayaran Jangkar-Lembar segera beroperasi,” pungkasnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait