Pentingnya Ilmu Bela Diri

  • Whatsapp
(Ilustrasi : google)

beritalima.com – Semakin hari, tingkat kriminalitas kian meningkat. Kejahatan sering terjadi di mana-mana dan tak pandang bulu menimpa siapa saja. Maka dari itu penting sekali bagi diri sendiri untuk memiliki ilmu bela diri. Bela diri merupakan cara seseorang untuk mempertahankan atau melindungi dirinya ketika dalam keadaan yang mengancam.

Tak bisa hanya mengandalkan pertolongan orang di lingkungan sekitar saja, menanamkan ilmu bela diri sejak dini sangat diperlukan. Terutama bagi orang tua yang perduli dengan keselamatan anak, disarankan agar tanamkan ilmu bela diri pada mereka sejak dini. Hal ini dapat dipelajari dari kasus kejahatan yang menimpa anak-anak sering terjadi, tak sedikit kejahatan itu dilakukan oleh orang yang tak jauh dengan anak tersebut.

“Perlu, karena ilmu bela diri tidak hanya diajarkan membela diri saja tetapi juga diajarkan rasa percaya diri agar lebih berani,” kata Einstein Agus Putra, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Jurusan Ilmu Keolahragaan, sekaligus pelatih Taekwondo di Club Yetece
Bukan hanya anak-anak bela diripun penting bagi semua kalangan, terutama kalangan wanita. Karena dianggap tak berdaya, di Indonesia sering kali kejahatan terjadi menimpa perempuan. Kasus kejahatan yang marak terjadi bagi perempuan yaitu pelecehan seksual, hal ini harus menjadi perhatian bagi semua kalangan bukan hanya perempuan saja.

“Bela diri itu penting, apalagi karena saya perempuan harus bisa menjaga diri sendiri,” kata Dania Putti Trimulyani, atlet Taekwondo SMA Negeri 1 Cibinong.
Selain menjaga diri, manfaat bela diri masih banyak lagi. Seperti yang dikutip di website kompasiana.com, ilmu bela diri bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik, membuat tubuh menjadi lebih segar, melatih keberanian, melepas energi negatif, dan masih banyak lagi. (www.kompasiana.com)

Menurut pandangan penulis, bela diri sangat penting untuk kita pelajari mengingat kian hari tingkat kriminalitas makin tinggi. Sehingga dapat meminimalisir dan mengurangi kemungkinan terjadinya kejahatan-kejahatan berikutnya. Di Indonesia sudah banyak tempat-tempat untuk belajar bela diri, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba belajar ilmu bela diri.

Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi (Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *