Pentingnya Mengetahui Gejala Usus Buntu

  • Whatsapp

beritalima.com | Penyakit radang usus buntu dapat disebabkan oleh terjadinya halangan atau sumabtan yang terjadi di usus buntu, hal ini bisa menyebabkan peradangan serta unfeksi pada usus buntu kita, halangan atau penyumbatan yang terjadi pada usus buntu dapat disebabkan oleh penumpukan parasite, lendur atau yang paling umum terjadi adalah adanya penumpukan kotoran pada usus buntu. Saat usus buntu tersumbat, bakteri dapat berkembang biak dengan sangat cepat pada organ manusia, hal inilah yang menyebabkan usus buntu menjadi iritasi dan juga membengkak dan akhirnya akan terjadi peradangan usus buntu. Usus buntu adalah kantong sempit dengan bentuk tabung yang menonjol dari usus besar kita, usus buntu ini terleta pada bagian bawah sisi kanan perut kita. Meski usus buntu termasuk kedalam salah satu organ pencernaan, kita masih bisa hidup normal dan sehat walaupun tidak memiliki usus buntu, karena usus buntu ini merupakan organ peninggalan. Fungsi utama dari usus buntu ini sebenarnya belum diketahui, ada yang mengatakan bahwa fungsi utama dari usus buntu ini adalah berupa jaringan yang membantu system imun atau kekebalan tubuh dalam memproses infeksi pada tubuh kita.

Jika kita mengalami radang usus buntu, sebaiknya kita langsung pergi kedokter untuk mendapatkan perawatan sesegera mungkin. Karena jika kita terlambat dalam mengobati radang usus buntu, usus buntu kita bisa pecah dan menyebabkan bakteri berbahaya berkembang di dalam rongga perut kita dan bisa menyebabkan infeksi daam rngga perut yang sering disebut dengan peritonitis. Jika sudah terinfeksi peritonitis ini adalah kondisi yang sangat serius, oleh karena itu saat kalian mengalami gejala radang usus buntu, kalian bisa langsung pergi ke dokter sesegera mungkin. Saat usus buntu sudah pecah, itu termasuk dalam kondisi yang sangat mengancam jiwa, oleh karena itu sangat penting untuk kita mengetahui gejala usus buntu agar kita paham dan mengerti kapan kita harus pergi ke dokter.

Ini dia gejala usus buntu yang harus kamu ketahui:

  • Sakit perut dibagian sebelah kanan bawah perut
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Diare atau sembelit
  • Kesulitan untuk membuang gas

Tidak semua orang memiliki gejala yang sama saat mereka mengalami radang usus buntu, tetapi yang terpenting saat kalian mengalami gejala-gejala diatas kalian harus esegera mungkin memeriksakan pada dokter. Menurut beberapa dokter ahli usus buntu dapat pecah 48 jam sampai 72 jam setelah munculnya gejala-gejala diatas.

Untuk kalian yang sedang berada dalam masa kehamilan, kalian harus membaca ini! karena gejala radang usus buntu ini beberapa mirip dengan ketidak nyamanan pada masa-masa kehamilan, seperti kram perut mual dan muntah. Untuk kalian yang sedang dalam kehamilan, nyeri yang dirasakan saat gejala usus buntu bukanlah dibagian bawah kanan perut kalian. nyeri gejala usus buntu pada ibu hamil akan terasa pada bagian atas perut, karena pada masa kehamilan bayi yang tumbuh di dalam Rahim akan mendorong apendiks atau usus buntu menjadi lebih tinggi. Kemudian ibu hamil dengan radang usus buntu juga akan lebih mungkin mengalami perut ber gas, mulas, sembelit dan diare secara bergantian.

Itulah hal-hal penting yang harus kaliah ketahui dan pahami tentang usus buntu, terutama kalian harus sangat memahami dan mengetahui gejalanya. Jangan lupa segera hubungi pihak medis saat kalian atau orang terdekat mengalami gejala-gejala diatas.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait