Pergeseran Pasukan dan Distribusi Logistik Pemilu Salawati Utara Rampung, Pemilu diharap Aman dan Damai

  • Whatsapp

Waisai – Pergeseran Kotak Suara Pemilu Legislatif dan Presiden sudah dilakukan sejak H-5 diberbagai wilayah di Indonesia, termasuk Papua, Papua Barat dan Provinsi DOB (Daerah Otonomi Baru). Hal ini dilakukan lantaran mempertimbangkan lokasi TPS yang akan dituju personil.

Salahsatunya di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya.

Wilayah kepulauan terbanyak diwilayah hukum Polda Papua Barat ini, pergeseran dilakukan dengan moda transportasi laut, baik menggunakan KRI milik Angkatan Laut maupun menggunakan moda transportasi sipil sebagai transportasi alternatif.

Semisal Pergeseran pasukan dan distribusi logistik ke wilayah Distrik Salawati Utara.

Pergeseran pasukan dan logistik dibawah komando Perwira Pengendali Ipda Agit Dwi Baskoro bergeser sejak Minggu 11 Februari 2024.

“Sesuai perintah bapak Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran S.I.K., M.I.K kami mendapat wilayah tugas pengamanan TPS diwilayah Salawati Utara. Sehingga pergeseran personil dan logistik menggunakan KRI dan Kapal sipil,”ucap Ipda Agit.

Diakuinya, pergeseran personil tidak sekaligus dilakukan,melainkan terbagi menjadi dua regu akibat batas muatan KRI.

“Regu pertama melakukan pengamanan melekat bersama Kotak Suara yang diangkut KRI, tim berangkat dari pelabuhan Falaya Waisai pada Minggu (11/2). Ini juga bersama pihak penyelenggaraan yang bertugas di Salawati Utara. Lalu Regu kedua kami berangkat menggunakan Kapal sipil dari Waisai ke Sorong dan lanjut menggunakan speedboat dari Sorong ke Salawati Utara,”jelasnya.

Diakuinya, atas perlindungan Tuhan, seluruh personil tiba dengan selamat di Samate, kota Distrik Salawati Utara meskipun dalam perjalanan sempat dihantam gelombang tinggi dan trouble mesin speedboat.

“Syukur alhamdulillah semua personil tiba dengan selamat di Samate. Kami juga berterimakasih atas dukungan pihak Distrik hingga semua berjalan aman dan lancar,”ucapnya.

Untuk diketahui, wilayah Distrik Salawati Utara terdapat 10 TPS, meliputi wilayah Kampung Samate TPS 01 dan 02, wilayah Waidim TPS 01, wilayah Kapatlap TPS 01 dan 02, wilayah Jefman Barat TPS 01 dan 02, Jefman Timur TPS 01, lalu wilayah Wamega TPS 01 dan Warisapo TPS 02.

Dan hingga hari ini Selasa (13/2) logistik yang terakhir akan didistribusikan adalah milik wilayah Jefman Barat akibat menunggu kekurangan surat suara. Pihaknya memastikan seluruh logistik Pemilu akan aman dan seluruhnya terdistribusi dihari ini.

“Kami himbau himbau kepada seluruh masyarakat Salawati Utara, mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas agar pelaksanaan Pemilu berjalan aman, lancar dan damai”, pungkasnya.

beritalima.com

Pos terkait