Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember di Trenggalek

  • Whatsapp

Trenggalek, Bertempat di Alun-Alun Kota Trenggalek, telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke 71 Th. 2016, dengan tema “Satukan Langkah untuk Negeri”, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, Komandan Upacara Kasad Reskrim Polres Trenggalek AKP Suni,dihadiri sekitar 700 orang.Kamis(10/11/16)
Susunan pasukan Upacara terdiri dari 2 SST Kodim 0806/Trenggalek, 2 SST Polres Trenggalek, 1 SST Satpol PP Trenggalek, 1 SST LAPAS Trenggalek, 1 SSK Korpri, 1 SST Mahasiswa , 1 SST Akper, 1 SST Dishub, 1 SST Senkom dan . 1 SSK Pelajar
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Kapolres Trenggalek AKBP I Made Agus Prasetya SIK M.Hum, Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam, Sekda Trenggalek Ali Mustofa, SKPD Trenggalek, Kepala BNNK Trenggalek AKBP Hari Triyogo, Asisten dan Staf Ahli Kab. Trenggalek
Dalam Amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Irup yang intinya bahwa Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa dalam mengisi kepahlawanan pejuangan kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 Nov 1945 di Surabaya”, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agust1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar. Peristiwa tersebut memberi pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan melainkan politik harapan”, seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian penuh idealisme mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.
Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa. (Tim/Penrem081)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *