Peringatan HUT di Alun-Alun Jember, Bupati Hendy Singgung Damkar OPD Sendiri

  • Whatsapp
Bupati Hendy kroscek pasukan peringatan HUT di Alun-Alun Jember (beritalima.com/istimewa)
Bupati Hendy kroscek pasukan peringatan HUT di Alun-Alun Jember (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Bupati Jember H. Hendy Siswanto menyinggung soal Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang akan berdiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sendiri.

Hal itu disampaikan, saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol Pamong Praja ke-73 tahun, Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) ke-61 tahun serta Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamat di Alun-Alun Jember, Rabu (15/3/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Hendy mengapresiasi jajaran ketiga satuan tersebut atas prestasi yang diraih beberapa waktu lalu.

Dalam lomba di Jawa Timur, Satpol PP Kabupaten Jember meraih juara 1 lomba kerapian dan ketertiban pasukan. Selain itu, Jember juga membawa pulang 2 penghargaan lagi.

Selain itu, meraih juara 3 untuk pelaporan data terintegrasi dan juara terbaik ke-5 sebagai Kabupaten/Kota teraktif patroli, sigap jaga lindungi masyarakat Se-Jawa Timur 2023.

“Meski telah mencapai prestasi dari Bu Gubernur, kami tetap memiliki banyak kekurangan,” ungkap Bupati.

Dari itu perlu segera disikapi, salah satunya, terkait dengan satuan pemadam kebakaran dan penyelamat.

“Sudah ada perintah dari Mendagri untuk mendirikan satuan pemadam kebakaran secara mandiri,” lanjutnya.

Tentunya pada 2023 ini, Damkar bakal menjadi satu OPD tersendiri. Diharapkan, OPD baru tersebut dapat menjadi suatu kekuatan dan lebih fokus terhadap tupoksinya.

Ke depan, pihaknya juga bakal memperbaiki Markas komando Damkar secara bertahap. “Setiap tahun, mudah-mudahan kami bisa menyisihkan untuk kemajuan damkar,” pungkasnya.

Kalau soal skill individu para kru Damkar, sudah tidak perlu diragukan lagi. “Inilah Jember yang sebenarnya, jika ada kekurangan mari kita bangkitkan bersama,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait