beritalima.com

Peringatan HUT TNI ke -75 “Sinergi Untuk Negeri” di Sumenep Dilaksanakan Secara Virtual

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Hadiri peringatan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke -75, Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi berharap TNI dan masyarakat semakin bersinergi lebih erat demi menyatukan kekuatan. Hal tersebut disampaikan Bupati Sumenep DR. KH. A. Busyro Karim, MSi Senin, (05/10/2020) saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke -75 Tahun 2020 secara Virtual bertempat diaula Makodim 0827 Sumenep.

Dalam kegiatan itu, KH. A. Busyro Karim menyampaikan, dalam rangka penguatan negara dan bangsa maka seharusnya TNI dan masyarakat harus bersinergi lebih erat demi menyatukan kekuatan.

Bacaan Lainnya

“Jika mereka sudah bersinergi, maka negara ini akan maju”, tuturnya.

Bahkan kata buya, masyarakat juga harus membantu langkah-langkah TNI dalam hal penguatan bangsa dan negara.

Ia menerangkan, mematuhi Protokol Kesehatan juga merupakan tindakan yang dapat membantu negara, sebab hal itu berguna untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Itu salah satu tindakan bersinergi pada masa pandemi ini”, ucapnya.

Terakhir, Bupati dua periode ini berharap kepada masyarakat sumenep agar selalu menjaga kesehatan dengan menggunakan 4 M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak (physical distancing), dan Menghindari kerumunan.

Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md menyampaikan bahwa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke -75 dengan tema “Sinergi Untuk Negri”.

Kita bersinergi baik dengan masyarakat serta stekholder yang ada, TNI – Polri dan seluruh lapisan masyarakat. “Kami harapkan dengan sinergi kita bisa kuat”. Ucapnya.

Bahkan, pihaknya bekerjasama dengan semua elemen untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang intinya sebagai berikut :
a. Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun TNI Ke-75 dan harin ulang tahun ini bukan hanya untuk keluarga besar TNI akan tetapi untuk seluruh warga Indonesia.
b.. Sejarah perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan ,TNI juga menjaga kedaulatan negara yang berdasarkan Pancasila, UUD 45 dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman keutuhan NKRI.
c. Kontribusi TNI bukan hanya OMP saja akan tetapi lewat OMSP yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah seperti bencana alam termasuk Pandemi virus Covid-19.
e. Apresiasi kepada seluruh prajurit dan juga kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah.
d. Bahwa dunia berubah sangat cepat formasi organisasi TNI harus dilakukan sesuai dengan dinamika, lingkungan strategis sesuai dengan dinamika ancaman dan sesuai dengan perkembangan teknologi. e. Sejak awal reformasi telah banyak organisasi TNI yang telah dilakukan untuk memastikan agar secara tepat dengan kebutuhan konsolidasi demokrasi hadapi dengan perkembangan ancaman pasca perang dingin terutama terhadap ancaman-ancaman non konvensional dan ancaman transnasional untuk memastikan agar TNI mampu mengadopsi perkembangan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi,teknologi nano dan teknologi otomatisasi.
f. Dalam 5 tahun terakhir telah melakukan transformasi organisasi dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru bentuk organisasi tempur baru seperti divisi 3 Kostrad, komando operasi 3 angkatan udara tiga angkatan laut Marinir, ketiga bentuk kekuatan gabungan TNI terutama tiga komando gabungan wilayah pertahanan dan 3 skuadron Drone angkatan udara dan TNI satuan-satuan organisasi baru ini merupakan komitmen Pemerintah terus melakukan transformasi organisasi TNI agar TNI semakin kokoh dalam menjalankan perannya .
g. Personil yang mengendalikannya revolusi industri ke-4 teknologi-teknologi baru termasuk teknologi militer ini kita sedang berada dalam era lompatan teknologi militer yang akan mempengaruhi taktik dan masa depan kita harus terus melakukan transformasi teknologi dan personal, yang mampu memahami dan memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi teknologi nano dan teknologi kecerdasan buatan karakter baru pertempuran masa depan gaya hancur lebih besar Ilevel distraction ukuran yang lebih singkat dalam menentukan pemenang pertempuran hibrida yang menggabungkan berbagai taktik sekaligus konvensional Asus rog halo.
h. Tansformasi organisasi tersebut harus didukung oleh transformasi teknologi dan para personel yang mengendalikannya seri ke-4 telah menghasilkan teknologi-teknologi baru yang mengagumkan, termasuk teknologi militer kita sedang berada dalam era lompatan teknologi militer yang akan mempengaruhi taktik dan strategi perang masa depan.
i. Transformasi teknologi dan personal yang mampu memahami dan memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi teknologi nano dan teknologi kecerdasan buatan siap mengantisipasi karakter baru pertempuran masa depan daya hancur lebih besar Ilevel distraction lebih singkat dalam menentukan pemenang dan yang menggabungkan berbagai taktik sekaligus tatik konvensional dengan non konvensional serta taktik lintas dimensi sosial politik maupun ekonomi.
j. Untuk menguasai lompatan teknologi militer terkini kita harus bersungguh-sungguh untuk mengubah kebijakan kita dari kebijakan belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan, kebijakan investasi pertahanan itu berpikir jangka panjang yang dirancang sistematis dan dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan pertahanan jangka panjang yang terencana sehingga TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern yang mengikuti perkembangan teknologi termaju.
k. Transformasi organisasi dan transformasi teknologi tersebut harus didukung oleh transformasi personil yang pokok tugasnya operasi militer untuk perang maupun untuk tugas tugas operasi militer selain perang kita bersyukur bahwa telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI yang ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI di manapun berada selalu siap untuk bersinergi untuk bekerja sama bahu-membahu dengan berbagai elemen bangsa.
l. Sinergi antar Corps matra Sinergi antar instansi serta Sinergi antar TNI dan Polri adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif, karakter pejuang yang selalu siap menjawab panggilan tugas perlu TNI yang profesional yang benar-benar terdidik dan terlatih yang terus-menerus meningkatkan kemampuannya agar selalu siap memenuhi panggilan tugas.
m. Ucapan terima kasih kepada para prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil di pulau-pulau terdepan, bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian.
n. Saya juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di Garda terdepan dalam misi kemanusiaan dan terima kasih pada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan dan terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi covid 19 baik dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun dalam perawatan di rumah sakit.
o. Diharapkan TNI terus meningkatkan kemampuan profesionalisme dan kesiapsiagaan untuk menerima tugas selanjutnya yang sesuai dengan amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit,
Jaga kemanunggalan TNI dengan rakyat jadikanlah Sinergi sebagai kekuatan membangun negeri membawa Indonesia menjadi negara maju.

Acara tersebut dihadiri:

  1. Bupati Kabupaten Sumenep DR. KH. A. Busryo Karim, M. Si
  2. Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md
  3. Kapolres Sumenep AKBP Darman, S.I.K
  4. Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep Djamaluddin,SH, MH
  5. Kepala Pengadilan Negeri Sumenep Achmad Buchori, SH, MH
  6. Kasdim 0827/Sumenep Mayor Inf R. Hendro Prapto Mukti
  7. Perwira Jajaran Kodim 0827/Sumenep
  8. Anggota Jajaran Kodim 0827/Sumenep
    C. Pejabat Inspektur Upacara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

Acara selesai berjalan dengan tertib dan aman.
(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait