Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto Kembali Gelar Mojotirto Festival 2023

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Sudah menjadi kegiatan tahunan, dalam rangka memperingati hari Air sedunia tanggal 20-21 Maret 2023, Pemerintah Kota Mojokerto mengelar Mojotirto Festival yang dilaksanakan di Kawasan Sungai Ngotok Jembatan Rojoto, di Kelurahan Pulo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto pada hari Senin (20/3/2023)

Mojotirto Festival adalah merupakan wujud rasa syukur warga Kota Mojokerto kepada Tuhan melalui sebuah prosesi yang dikemas seni budaya tradisi yakni Umbul Donga Tirta Amerta. Yang berarti, Umbul artinya memanjatkan, Donga artinya doa, Tirta artinya air, dan Amerta artinya kehidupan dan selain itu festival Mojotirto sebagai bentuk uri-uri budaya dari para leluhur.

Kegiatan Mojotirto Festival yang digelar selama 2 hari tersebut, sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, Kirab Budaya, persembahan tari putri kusumo, penyerahan tirta amerta 7 sumber mata air, prosesi umbul dongu tirta amerta, tabur benih ikan, persembahan tari jogotirto,persembahan tari massal lenggang kali brantas, pertunjukan seni bantengan dan barongsai, lapak tempo doeloe, treatrikal bumi,geni,banyu, angin dan pertunjukan seni campursari.

Sebagai pembuka, Wali Kota Ika Puspitasari bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto melangsungkan prosesi Umbul Donga Tirta. Yakni, menggabungkan air dari 7 sumber ke perairan Sungai Ngotok. Mulai dari mata air Jolotundo, sumber air Sumur Upas Candi Kedaton, sumber air Situs Damarwulan, sumber air Situs Siti Inggil, Sumur Sakti Gajah Mada Jatirejo, sumber Situs Tribuana Tunggadewi, serta sumber air Sumur Towo di makam panjang Losari

Dalam sambutanya Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan bahwa festival ini sebagai bentuk syukur masyarakat Kota Mojokerto. Kota terkecil yang dialiri 3 sungai ini, mulai Sungai Ngotok, Sungai Sadar, dan Sungai Brantas selama ini tidak memiliki bencana alam berarti akibat luapan sungai.

“Kami selalu memiliki air sepanjang tahun dan Mojokerto tidak pernah mengalami banjir akibat meluapnya sungai-sungai yang melintasi Kota kami. Maka, rasa syukur itu kami wujudkan dalam bentuk penyatuan, kolaborasi, sinergi, seluruh elemen masyarakat untuk menyelenggarakan festival Mojotirto,” ujar Ika Puspitasari.

Lebih lanjut Ning Ita, bahwa kawasan sungai Ngotok ini bakal dibangun objek wisata Bahari Mojopahit yang dilengkapi perahu jumbo dengan kontruksi panjang capai 40 meter dan juga dapat bantuan perahu dari kementrian pariwisata sebanyak 15 buah

’’Prahu ini nantinya akan menjadi salah satu pusat wisata kuliner di atas kapal. Dan menjadi ikon baru di Kota Mojokerto,’’ lanjut Ning Ita

Proyek multiyeras yang bakal dibangun tahun ini melalui sharing anggaran daerah dan pusat ini dikonsep dari beberapa unit wisata. Mulai dari kawasan dermaga, camping ground, taman budaya, food court, kapal Majapahit,wisata petik jeruk, lengkap dengan lahan parkirnya

Hadir dalam kegiatan Mojotirto Festival 2023 antara lain, Jajaran Forkopimda kota Mojokerto, Sekertaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Kepala OPD, Camat dan Lurah sekota Mojokerto.(Kar/Adv)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait