Peringati Hari Bumi, Mahasiswa UTM Pungut Sampah

oleh -37 views

BANGKALAN, Beritalima.com–Ratusan mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan bakti sosial dalam rangka peringati Hari Bumi 22 April.

Bakti sosial kali ini dengan kegiatan memungut sampah sepanjang pinggir pantai di Desa Kamal, Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Senin (22/4/2019).

www.beritalima.com

Dr. Sutikno selaku Ketua jurusan ilmu ekonomi UTM menjelaskan, sejarah penetapan hari bumi digagas oleh senator Amerika Serikat ‘Gaylord Nelson’ pada tahun 1970.

“Dia (Gaylord Nelson) tahun 1970 merasa resah dengan kerusakan bumi dimana-mana,” jelas Sutikno.

Dikatakan Sutikno, Hari Bumi memiliki hubungan yang sangat erat dengan universitas. Karena Gaylord Nelson menggagas kerusakan lingkungan harus dimasukkan dalam kurikulum universitas di Amerika Serikat. “Kemudian itu disetujui, 22 April ini sebagai hari bumi,” ucapnya mengulas sejarah.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Maka dari itu, kata dia, civitas akademik jurusan ilmu ekonomi UTM turut memperingati hari bumi. Selain itu pihaknya juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa UTM.

“Ini dalam rangka mengajari mahasiswa kita bahwa pembangunan kedepan bukan ekonomi saja, tapi lingkungan juga harus berkelanjutan,” katanya.

Dijelaskan dia, bakti sosial pada hari bumi ini melibatkan 600 mahasiswa jurusan ilmu ekonomi atau EP. “Semua angkatan di jurusan ilmu ekonomi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Kamal Sulistyono menyampaikan terimakasih kepada civitas dan mahasiswa UTM karena sudah peduli terhadap lingkungan di Kamal.

“Kami berharap desa Kamal menjadi desa percontohan di Kabupaten Bangkalan, menjadi desa yang bersih,” tandasnya. (Rus) www.beritalima.com

www.beritalima.com