Peringati Hari Pattimura, Gubernur Amanatkan Semangat Juang Layani Masyarakat

  • Whatsapp

MALUKU TENGAH,beritaLima,- Memperingati Hari Pattimura, Gubernur Maluku Said Assagaff mengamanatkan Kodam XVI/Pattimura dapat menyerukan semangat juang untuk melayani lapisan masyarakat.
“Momentum perayaan 200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura merupakan awal pijakan bagi seluruh rakyat Maluku untuk berperan serta dalam geliat pembangunan nasional bersama saudara – saudara kita dari seluruh penjuru NKRI. Kita bersama – sama mengenang semangat juang anak – anak Maluku melawan para penjajah, bersamaan dengan HUT Kodam XVI/Pattimura agar kedepannya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dapat meneruakan semangat juang untuk melayani lapisan masyarakat,”kata Assagaff dalam sambutannya saat membuka peringatakan Hari pattimuta di Saparua, Malteng. Minggu (14/5/2017).

Assagaff mengatakan, pada hari ini bertepatan dengan 200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura telah direamikan dan diluncurkan Patung serta Tugu Pattimura yang saat ini telah berada di Lapangan Merdeka Saparua yang berhadapan lagsung dengan Benteng Dhurstede, kita semua berharap semoga dengan dibangunnya fasilitas ini dapat menumbuhkan rasa cinta anak – anak Maluku terhadap para pahlawan yang telah mengawali perjuangan melawan ketidakadilan dan ketidaklaliman di bumi ini.
Sebagai pemerintah Provinsi Maluku mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan HUT Pattimura ke 200 dan HUT Kodam XVI/Pattimura ke 18 dapat terlaksana dengan baik. Resepsi nilai perjuangan Kapitan Pattimura dapat menjadi penyemangat bagi kita generasi penerus untuk membangun dan berperan dalam memajukan daerah Prov. Maluku yang kita cintai bersama.
“Mari kita bangun kota ini karena kota ini merupakan kota bersejarah dan kota peradaban, karena dari sinilah awal perjuangan nasional semoga Tuhan YME meridhoi dan merahmati perjuangan kita semua,”ajak Assagaff.

Acara ini dahdiri oleh, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjend TNI Doni Munardo, Bupati Kab. Maluku Tengah, Bpk. Abua Tiasikal, SH, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury, SE, Para Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Kab. Maluku Tengah dan Kota Ambon, Para Muspika dan Muspida, serta tamu undangan dan masyarakat -+ 1.000 orang.

Turut juga dihadiri oleh, SST Korsik Ajendam XVI/Pattimura, SST Yonif Raider 733/Masariku, SST Yonif 734/SNS, SST Satuan Brimob, SSK gabungan Guru dan siswa SD, SMP dan SMA se-Kec. Saparua dan Saparua Timur, SST Pasukan Pengawal Obor.
Selain itu, acara peringatan pahlawan Nasional asal Maluku ini dimeriahkan dengan suguhan tari – tarian Katreji oleh Siswa/Siswi SMP Negeri 3 Haria dan Marcing Band. Selanjutnya, setelah upacara selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan acara makan patita didepan Museum Siwalima Saparua. (Jossy)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *