Peringati Hari Sampah, Komunitas Tuangkan Eco Enzyme di Sungai

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com I Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari 2021, beberapa komunitas di jember menuang cairan Eco Enzyme di Sungau Bedadung.

Kegiatan ini awalnya akan diselenggarakan bersama-sama yang berlokasi di Cafe Kolong. Namun, mempertimbangkan kerumunan yang padat, akhirnya diurai di beberapa tempat dan terpisah.

Tim Susur Sungai menuang eco enzyme menggunakan perahu di sepanjang aliran Sungai Bedadung. Ada sekitar 50 liter Eco Enzyme yang dituangkan.

“Dari SD Rukun Harapan juga menuang eco enzyme di aliran Sungai Bedadung,” kata Nurul Hidayah alias Cak Oyong, selaku penggagas Forum Komunikasi Jember Bebas Sampah, Minggu (21/2/2021).

Sobung Sarka selaku pengelola bank sampah, bersama perwakilan Eco Enzyme Jember mengambil lokasi di bawah Jembatan Imam Bonjol yang juga masih aliran Sungai Bedadung.

Disaat yang sama, ada kegiatan pengerukan dan pembersihan sampah di sekitar TPS Imam Bonjol. Sampah yang dibuang secara tidak bertanggung jawab, menumpuk di sisi kanan kiri badan jalan. Menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat.

“Sebagian Eco Enzyme yang dibawa disemprotkan di TPS dan bahu jalan yang sudah dibersihkan untuk mengurangi bau tersisa. Serta berguna untuk mempercepat proses penguraian limbah organik,” tutupnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait