Peringati HPSN, Bupati Jember Susuri Sungai Bedadung

  • Whatsapp
Menaiki perahu karet, Bupati Hendy menyusuri sungai bedadung (beritalima.com/sugik)
Menaiki perahu karet, Bupati Hendy menyusuri sungai bedadung (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Bupati Jember H. Hendy Siswanto menyusuri Sungai Bedadung.

Menggunakan perahu karet, Bupati Jember bersama Kasat Samapta Polres Jember dan Kepala Staf Kodim 0824 Jember, menyusuri sungai dari Jembatan RS. IBI hingga Jembatan MAN 1 Jember, Minggu pagi (20/2/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam Penyusuran Sungai Bedadung, Bupati mengaku menemukan tumpukan sampah dipinggir sungai, padahal sungai tersebut masih dimanfaatkan warga sekitar.

“Sampah ini akan menjadi persoalan kita semua, siapa yang menyebabkan banyak sampah, yakni kita semua,” akunya.

Bupati mengaku, sejak dia kecil sudah sering mandi di sungai jompo. Bahkan, dirinya juga sering mandi dan naik ban bekas di sungai tersebut.

“Kalau sekarang airnya sudah kotor, tidak seperti dulu. Waktu itu airnya bersih, tapi kalau sekarang tidak berani mandi disitu,” ungkapnya.

Dengan demikian, Bupati mengajak masyarakat Jember, agar menjadikan sampah yang menjijikkan, menjadi sampah yang menjanjikan.

“Terutama pada ibu-ibu yang mengelola sampah rumah tangga. Jadi dipilah, sampah organik dan non organik,” pintanya.

Untuk menciptakan Jember bebas sampah, menurut Bupati, dengan jumlah RT/RW sekitar 16.600 bila setiap RT/RW dibuatkan Bank Sampah, maka Jember akan bebas sampah.

“Berikan sampah kepada Bank Sampah, kita akan mendapatkan penghasilan. Tidak usah rekrutmen lagi petugas sampah wes,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait