Perintis Dakwah Ahlussunnah, Jazuli Ajak Teladani KH Abdul Wahab Chasbullah:

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Dr H Jazuli Juwaini menyambut hormat Haul KH Abdul Wahab Chasbullah, pendiri Nahdatul Ulama (NU) bersama KH Hasyim Asyari yang dilaksanakan terpusat di Pondok Pesantren (Pnpes) Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang Jawa Timur, Selasa (22/6). Acara ini bakal disiarkan ive melalui 250 youtube channel pukul 19.00 WIB. Jazuli menghimbau seluruh masyarakat, khususnya kader-kader PKS, untuk mengikuti Haul KH Wahab dengan seksama untuk mengambil keteladanan yang luar biasa dari Beliau rahimahullah.

Menurut Jazuli, KH Wahab adalah ulama besar milik Indonesia. Bangsa Indonesia menghormati beliau sebagai perintis dakwah Ahlussunnah Wal Jamaah dan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. “Beliau teladan yang luar biasa buat rakyat Indonesia khususnya umat Islam. Perjuangannya untuk menyatukan umat dan rakyat Indonesia sangat kita hormati. Karena itu, beliau sangat layak menjadi Pahlawan Nasional yang dikukuhkan sejak 2014,” ungkap Jazuli.

KH Wahab yang lahir 31 Maret 1888 ini, menurut wakil rakyat dai Dapil II Provinsi Banten tersebut tidak henti-hentinya melakukan ijtihad demi menyatukan dan memajukan rakyat Indonesia yang saat itu dikepung penjajahan, kebodohan, kejumudan dan ancaman perpecahan.

“Berturut-turut beliau mendirikan Nahdatul Wathon atau Kebangkitan Negeri pada 1916 untuk menggelorakan semangat juang rakyat melawan penjajah. Lalu, Nahdatul Tujjar atau Kebangkitan Pedagang pada 1918 sebagai pusat penggalangan dana untuk membiayai dakwah dan kemerdekaan Indonesia,” terang Jazuli.

Beliau juga mendirikan kelompok diskusi pemikiran Tashwirul Afkar 1919 untuk mencerdaskas dan membuka cakrawala pemikiran umat, menjadi simpul komunikasi antar elemen, juga untuk kaderisasi intelektual kalangan umat Islam.

Beliau punya peran besar merintis kelahiran NU atau Kebangkitan Ulama bersama Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang kita kenal sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia hingga kini. Saat Resolusi Jihad diserukan oleh Hadratussyaikh, KH Wahab adalah panglima lapangan yang memastikan implementasinya di seluruh wilayah.

Angota Komis I DPR RI ini juga menyebut KH Wahab berupaya menyatukan umat untuk kemerdekaan melalui pendirian Majelis Islam Ala Indonesia atau MIAI bersama KH Ahmad Dahlan dan KH Mas Mansur di masa pendudukan Belanda 1937.

Beliau juga aktif berkiprah sebagai penasehat Masyumi bersama kalangan NU dan Muhammadiyah. Jangkauan pemikiran dan aktivisme KH Wahab jauh ke depan pada masanya. Beliau sudah berfikir bagaimana membangun nasionalisme bangsa yang dijiwai nilai-nilai Islam.

“Dan, umat Islam harus bangkit terdepan dalam menyatukan rakyat untuk kemerdekaan Indonesia. Kita kirimkam Al-Fatihah untuk beliau seraya berdoa kita semua mampu meneladani perjuangan beliau,” demikia Dr H Jazuli Juwaini. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait