Perluas Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Optimalkan Peran Camat

  • Whatsapp

PASURUAN, beritalima.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pasuruan kembali menggelar rapat koordinasi dengan para Camat se-Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/12/2018).

Rakor bertema “Optimalisasi Peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dalam Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan” ini merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussiion (FGD) beberapa hari sebelumnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan, A.Agung Karma Krisnadi, mengatakan, Camat memiliki peran penting dalam mendukung perluasan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan, karena Camat memiliki akses dalam membina kesejahteraan masyarakat desa/kelurahan.

Camat juga memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat desa maupun kelurahan. Dengan demikian, lanjut Agung, Camat berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

Agung menegaskan, Camat memiliki banyak potensi dalam mendukung perluasan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan.

Di antaranya, Camat bisa mengingatkan perusahaan-perusahaan di wilayahnya yang belum jadi peserta BPJS Ketanagkerjaan untuk segera daftar.

Camat juga bisa memberi intruksi kepada Kepala Desa atau Lurah, pelaku UMKM, Kelompok Tani, Koperasi BUMDes, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan pengurus Karang Taruna di desa/kelurahan, di samping untuk menjadi peserta juga untuk mendorong kepesertaan masyarakat pekerja di lingkungan masing-masing.

Agung menjelaskan, mereka tidak Hanya berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, tapi juga bisa berperan mendukung perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Agung berharap kegiatan ini akan mendorong para Camat mengoptimalkan kewenangan dan kepeduliannya pada masyarakat pekerja atas hak perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

“Program BPJS Ketenagakerjaan memberi perlindungan jaminan sosial pada pekerja dari resiko kecelakaan kerja, kematian, dan di hari tuanya. Ini program pemerintah yang tentu wajib didukung para Camat,” tandas Agung.

Dalam kegiatan ini juga diperoleh kesepakatan bahwa Camat se-Kabupaten Pasuruan akan menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, pihak kecamatan juga akan mendaftarkan seluruh Tenaga Harian Lepas (THL) di wilayah masing-masing. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan, A.Agung Karma Krisnadi (baju biru), bersama staf dan para Camat se-Kabupaten Pasuruan usai Rakor, Kamis (13/12/2018).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *