Perpusputakaan Kota Madiun Dapat Apresiasi Disperpus Jatim

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Upaya Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, untuk meningkatkan sarana dan prasarana bagi perpustakaan daerah, menuai hasil positif. Pasalnya, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menganugerahi Perpustakaan Kota Madiun, dengan label akreditasi A.

Penghargaan ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Jawa Timur, Abdul Hamid.

Hal itu disampaikan saat Hamid berkunjung ke Perpustakaan Kota Madiun untuk menyerahkan sertifikat akreditasi, Kamis 12 Pebruari 2020.

‘’Perpustakaan Kota Madiun memang sangat baik. Sarana prasarana mendukung dan tingkat kunjungannya juga cukup tinggi,’’ tutur Hamid, saat diwawancarai setelah kegiatan Pembukaan Kunjungan Rumah Pintar dan Kelas Literasi 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun.

Menurutnya lagi, pengawasan dan pembinaan dilakukan oleh Perpusnas setiap tahun. Dalam kegiatan tersebut, Perpusnas juga memberikan akreditasi sebagai penghargaan. Sekaligus sebagai indikator evaluasi bagi perpustakaan yang belum mendapatkan akreditasi terbaik.

Kota Madiun, saat ini ada sembilan perpustakaan yang telah meraih akreditasi. Rinciannya, 4 akreditasi A, 4 akreditasi B, dan 1 akreditasi C. Dalam hal ini, bukan hanya perpustakaan daerah saja yang dinilai. Melainkan juga, perpustakaan yang ada di sekolah maupun universitas.

Meski telah meraih akreditasi A, Hamid mengimbau kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun untuk tidak lengah atau berpuas diri. Yakni, dengan terus menambah inovasi agar meningkatkan ketersediaan sarana prasarana serta menumbuhkan semangat berliterasi di Kota Madiun.

‘’Ajak orang mencintai buku. Tidak hanya buku manual, tapi juga bisa buku digital,’’ himbaunya.

Sementara itu, Walikota Madiun, H. Maidi, bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh perpustakaan daerah dan 8 perpustakaan lainnya.

Walikota berharap, prestasi ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

“Tentunya, kami targetkan seluruh perpustakaan di Kota Madiun bisa meraih akreditasi A semua,’’ kata H. Maidi. tandasnya. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).

H. Maidi (kiri).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait