Pertumbuhan Ekonomi Jember 2022 Alami Kenaikan, Dibandingkan 2021

  • Whatsapp
Pergerakan ekonomi di Alun-alun Jember (beritalima.com/sugik)
Pergerakan ekonomi di Alun-alun Jember (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Pertumbuhan ekonomi Jember tahun 2022 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, tercatat tumbuh dari 4.00 persen pada 2021 menjadi 4.53 persen pada 2022.

Bacaan Lainnya

Dikonfirmasi melalui telepon pada Senin (3/4/2023) malam oleh Diskominfo Jember,

Kepala BPS Jember Tri Erwandi menegaskan, pertumbuhan ekonomi Jember pada 2022 tertinggi jika dibandingkan dengan daerah Se-Tapal Kuda.

Menurutnya, banyak percepatan yang optimal dilakukan oleh Pemkab Jember selama 2022. Belum lagi, perlu usaha ekstra untuk bangkit pasca pandemi. “Yang paling utama adalah sektor perdagangan,” tegasnya.

Namun demikian, sektor pertanian mengalami penurunan pada 2022. Beruntung, masih didukung berbagai upaya penumbuhan ekonomi di sektor lain. Dengan begitu, ada sektor yang kuat saat sektor lain melemah.

Pihaknya mengapresiasi berbagai event yang digelar Bupati dalam rangka menggerakkan roda perekonomian Kabupaten Jember.

Di antaranya, Jalan Sehat Tradisional Tanggul – Jember, Perhelatan Nonton Bareng Piala Dunia 2022, hingga event lain yang mendatangkan banyak masa bersama para pelaku UMKM.

Tahun 2023, pihaknya optimis Jember mampu menjaga laju perkembangan ekonomi. Bahkan, untuk meningkatkannya pada 2023. Salah satunya, dengan mengembangkan berbagai upaya untuk menggerakkan roda perekonomian dari berbagai sektor.

“Jember perlu mengembangkan struktur ekonomi yang dominan, misalnya sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa akomodasi, dan kuliner hingga konstruksi,” ungkapnya.

Pada 2023 ini, perlu lebih berinovasi untuk membuat laju pertumbuhan ekonomi semakin membaik. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait