Pilkada Serentak 2020, Wakil Ketua DPD RI Harapkan Tinggi Partisipasi Pemilih

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin mengatakan, wabah pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia sejak awal Maret lalu mengakibatkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 menghadapi tantangan berat.

Meski pelaksanaan pesta demokrasi tinggal hitungan hari lagi tetapi hal itu tidak menyurutkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi. “Untuk menyukseskan pesta demokrasi perlu adanya partisipasi dari masyarakat. Meski saat ini kita dalam keadaan pandemi Covid-19 ini maka pelaksanaan pilkada harus dikelola sebaik mungkin,” ucap Sultan saat Pengawasan Penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kabupaten Lebong, Bengkulu, akhir pekan kemarin.

Sultan angkat topi atas regulasi yang dibuat akhir-akhir ini seperti dari Kementerian Dalam Negeri, KPU dan Bawaslu. Karena itu, dia optimis dengan regulasi ini bisa meningkatkan kualitas demokrasi kita. “Regulasi-regulasi yang muncul akhir-akhir ini mampu meningkatkan kualitas demokrasi kita,” kata dia dalam keterangan pers Biro Humas dan Pemberitaan DPD RI, Senin (9/11).

Tidak hanya regulasi, kata dia, senator asal Provinsi Bengkulu ini juga mengingatkan KPU dan Bawaslu untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas pada penyelenggaran ini. “Dimana KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas, harus mampu memposisikan diri sesuai dengan tugas dan fungsinya,” tegas dia.

Selain tugas KPU dan Bawaslu, dia juga menghimbau peran ASN dan camat dalam pilkada nanti bisa menjaga netralitas. Pasalnya, sejauh ini masih ada ASN yang bertindak kurang baik. “Saya tidak mau ASN melakukan tindakan yang tidak baik karena ketidaknetralannya, lantaran hal ini masih saja terjadi di daerah-daerah lain. Camat-camat juga harus netral karena ia dekat dengan stakeholder,” kata Sultan.

Dengan demikian, Sultan berharap pilkada serentak ini khususnya di Bengkulu bisa berjalan lancar dan aman walaupun ditengah situasi pandemi Covid-19 ini. “Meski saat ini kita menghadapi Covid-19. Tetapi saya yakin pilkada di Provinsi Bengkulu bisa berjalan aman dan lancar.”

Senada dengan Sultan, Pjs. Bupati Lebong diwakilkan Asisten III Bidang Administrasi Umum Sumiati juga mengharapkan pilkada serentak tahun ini khususnya di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu bisa berjalan dengan aman dan lancar. “Meski kita saat ini sedang menghadapi Covid-19, kita berharap pilkada di Lebong bisa berjalan lancar,” jelas dia.

Sementara iitu, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Lebong, Yoki Setiawan menjelaskan, pihaknya sudah mensosialisasikan pasangan calon baik saat kampanye hingga saat pemilihan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

Untuk persiapan di Lebong, kata dia, sudah berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan protokol kesehatan. “Kita juga menjalankan protokol kesehatan saat pemilihan. Jadi masyarakat bisa dengan aman saat pemilihan,” demikian Yoki Setiawan. (akhir)

Pos terkait