PKM Unismuh Makassar Penguatan Kelembagaan dan Pemasaran Produksi Bumdes Mandiri Desa Pitusunggu Pangkep

  • Whatsapp

PANGKEP. Penguatan Kelembagaan dan Pemasaran Produksi Bumdes Mandiri Desa Pitusunggu Kecamatan Ma’rang, Pangkep, adalah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan kegiatan pengabdian hasil penelitian telah dilaksanakan tahun 2019-2021.

Demikian ditegakkan Ketua Tim PKM Unismuh Makassar yang melaksanakan kegiatan di Desa Pitusunggu Pangkep, Arief Muhsin, S. Pd, M.Pd kepada media, Jumat malam 24 Desember 2021.

Dijelaskan, PKM ini bertujuan memecahkan permasalahan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)yang mengalami kesulitan dalam pemasaran hasil produksi.

Anggota Bumdes hanya memasarkan hasil diversifikasi olahan rumput laut dan Ikan bandeng secara manual pada daerah disekitar dengan menunggu pesanan dari pembeli, katanya

Disamping itu, anggota Bumdes mengemas produksi olahan dengan cara tradisional dan belum memanfaatkan teknologi.

Melalui program pengabdian ini, tim pengabdi dari Universitas Muhammadiyah makassar membuat program dengan melakukan modernisasi pengemasan produksi dan pengembangan diversifikasi rumput laut berupa kue Brownis dengan bekerjasama pihak penggiat UMKM yaitu kelompok POSKO, tandasnya.

Disamping itu, tim pengabdian merancang e-commer satau lapak online bagi mitra pengabdian Bumdes Mandiri. Lapak online ini digunakan untuk menjual aneka olahan rumput laut dan ikan bandeng yang telah diproduksi oleh mitra, katanya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai sejak 19 Desember sampai 28 Desember 2021.Dalam pengembangan pemasaran, mitra juga dilatih menggunakan aplikasie-commers untuk memasukkan gambar produksi berbagai olahan rumput laut dan olahan ikan bandeng

Pelaksanaan PKM memberikan juga pelatihan penggunaan media social sebagai media advertising atau promosi seperti facebook, youtube, twitter, instalgram, dan linked in, ungkapnya.

Ucapan terima kasih kepada Ditjen Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi telah memberi hibah pengabdian dalam bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian perguruan tinggi swasta 2021 Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait