Polisi Beri Penyuluhan Tertib Lalu Lintas kepada Jamaah Pengajian Al-Ikhlas Situbondo

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com | Personil Satlantas Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2023 melalui program Program Ngobrol Bareng Polantas yang disingkat Ngobras.

Acara Ngobras kali digelar di perkumpulan Arisan Yasin dan Tahlil Majelis Al-Ikhlas Situbondo yang berlokasi di jalan Basuki Rahmat Situbondo, Kamis malam (7/9/2023)

Dalam kegiatan tersebut, anggota Satgas Preemtif Operasi Zebra Semeru 2023 memberikan edukasi tentang lalu lintas dan keselamatan berkendara dijalan kepada masyarakat yang tergabung dalam jama’ah pengajian, perkumpulan arisan dan tahlil Al-Ikhlas Situbondo.

Kasatlantas AKP Suwarno, SH.,M.HUM mengatakan, Operasi Zebra Semeru 2023 mengutamakan upaya preemtif dan edukasi kepada masyarakat dengan cara menyebar pamflet dan stiker serta penyebaran informasi di radio serta media cetak dan media online yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dijalan

” Satlantas Polres Situbondo melaksanakan edukasi secara persuasif kepada masyarakat guna terciptanya ketertiban berlalu lintas di jalan yang berkeselamatan ” ujar Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Suwarno, SH.,M.HUM

Sosialisasi tentang keamanan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dilakukan dengan cara yang menarik dan humanis, untuk menarik simpati masyarakat, sehingga apa yang disampaikan Polisi Lalu Lintas bisa diterima dan diikuti.

” Kalau sosialisasi ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, maka secara otomatis mereka akan mematuhi peraturan saat berkendara di jalan raya ” kata AKP Suwarno

Dalam obrolan santai tersebut, petugas juga menguji pengetahuan masyarakat dengan dilaksanakan Operasi Zebra Semeru 2023 ini Anggota Satlantas Polres Situbondo memberikan beberapa pertanyaan kepada para jama’ah tentang seputar lalu lintas termasuk peralatan yang harus disiapkan sebelum berkendara seperti helm dan surat kendaraan.

“Dengan cara ini, kami berharap masyarakat lebih mudah menerima pesan kamtibmas khususnya di bidang lalu lintas, sehingga kesadaran masyarakat tumbuh dengan sendirinya,” bebernya

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan, sosialisasi dan edukasi melalui pendidikan masyarakat (Dikmas) dilaksanakan secara berkelanjutan baik kepada para pengguna jalan, komunitas masyarakat, dan juga pelajar di sekolah-sekolah.

“Harapannya adalah, bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas yang sebagian besar disebabkan oleh kelalaian dalam berkendara,” ungkap Kapolres.

Dikmas Lantas ini menyampaikan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan termasuk pejalan kaki agar berhati-hati dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas ketika sedang berkendara. Serta mengecek kendaraan dan kelengkapan surat-surat kendaraan sebelum berangkat.

“Dalam kegiatan Ngobras itu, polisi membagikan hadiah berupa helm, tas, dan jas hujan secara gratis kepada masyarakat yang bertanya terkait lalu lintas,” tutupnya.(RH)

beritalima.com

Pos terkait