Pondok Alam ODGJ Situbondo Gelar Halal Bihalal

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com | Sudah dua minggu lebih pasca tim media menghadiri undangan pengasuh Ponpes Fatchul Huda Banyuputih Situbondo.Saat itu, Minggu senja, 01 Mei 2024 tim media datang ke Ponpes Fatchul Huda untuk menghadiri acara halal bihalal atas undangan dari pengasuh pondok KH.Akhlis Munazilin.

Dalam benak tim sebelum tiba ditempat itu ,tak terbayangkan bagaimana konsep acara halal bihalal tersebut,karena beberapa kali ketempat itu, tim selalu disuguhi pemandangan santri santri khusus alias santri ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa /Stres).Santri santri ini bukan santri biasa,dalam pengamatan tim media butuh kesabaran,keahlian dan istiqomah untuk memberikan pengawasan,pemahaman,arahan, dan terapi terapi penyembuhan agar cara berpikir dan tindakan mereka seperti santri santri normal.

Dibilang santri khusus, karena memang secara keseharian santri santri odgj tersebut beribadah layaknya orang orang normal. Sholat lima waktu selalu dilakukan berjamaah di mushollah pondok setengah jadi yang beralaskan tanah dan tak berplafond.Terkadang mereka sambil duduk santai digazebo yang bertuliskan Majelis Dzikir, suara kerasnya keluar menggelegar dengan melantunkan sholawat dengan nada nada pada umumnya.Aneh Tapi Nyata, mereka beribadah berjamaah,mengaji dan patuh saat di perintah pengasuhnya.

Bayangan acara yang tak biasa saat acara tersebut langsung sirna saat tim tiba di ponpes Fatchul Huda.Tampak beberapa santri santri madrasah pondok dan wali santri berkumpul bersama santri santri khusus PP.Fatchul Huda. Tidak ada wajah kekhawatiran dan kegelisahan santri santri kecil tersebut menghadiri acara halal bihalal.

Semuanya berjalan biasa dan normal, ditengah halaman pondok sudah disediakan panggung kecil berlatar banner besar bertuliskan SITUBONDO BERSHOLAWAT. Lo kok Situbondo Bersholawat,acaranya kan Halal Bihalal. Panitia acara beralasan tulisan Situbondo Bersholawat di backdrop agar banner tersebut awet bisa dipakai untuk acara lain (hemat) selain itu acara ini memang lebih banyak dominan pembacaan sholawatan terbukti pihak pondok juga mendatangkan komunitas sholawat bernama Aroma Sholawat yang diasuh oleh KH.Akhlis Munazilin sendiri.

Beberapa santri odgj membantu konsumsi para tamu, keluar masuk dapur pondok yang masih belum layak menjadi sebuah dapur ( Keterbatasan dana menjadi kurang layaknya fasilitas pondok). Mereka membuat dan mengirim minuman kopi atau teh. Sesekali dalam dapur pondok mereka berdiskusi atau rembuan untuk melayani para tamu dengan baik.

Acara halal bihalal ala kadarnya ini pun dimulai, bertempat di alam terbuka yang beratapkan langit dengan kerlap kelip bintang dan beralaskan tanah dikelilingi bangunan pondok setengah jadi Satu persatu acara dilewati, pembacaan sholawat Nariyah menggema menjadi pembuka acara tersebut dan terus bersambung pembacaan sholawat badr dan lainnya. Acara berjalan dengan khidmat dan damai tanpa sekat antar yang normal dan yang tidak normal, semua bersikap sama dan bertoleransi.

Malam itu penuh damai, banyak hikmah yang tim media dapatkan dan hal ini akan menjadi catatan kalbu tersendiri bagi tim media, Allah Maha Besar dan Maha Berkehendak.

Catatan terakhir untuk tulisan ini, semoga gambaran tak sempurna tentang pondok tersebut bisa mengilhami dan membangkitkan kita semua untuk saling peduli dan berbuat saling membantu untuk bekal kita nanti di hari akhir.

PONDK ODGJ,PONPES FATCHUL HUDA BANYUPUTIH SITUBONDO, Alamat Sekarputih Utara, Sumberanyar, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Telp.0821-3964-3838 . (RH/VW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait