Posyandu, Wawako Fitrianti Agustinda Berikan Vitamin Pada Balita

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Secara simbolis Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Fitri) memberikan vitamin A berkala kepada bayi di bawah lima tahun (balita) di pos pelayanan terpadu (Posyandu) Anggung di Bukit Lama, Senin (14/8).

Secara berkala, setiap enam bulan sekali balita diwajibkan diberi asupan vitamin tambahan, seperti vitamin A yang harus diberikan tiap rnam bulan sekali kepada balita. Kali ini, Fitri bersama pihak terkait memberikan secara langsung vitamin A kepada 131 balita yang hadir di Posyandu Anggung yang terletak di wilayah Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Menurut Fitri, selain pemberian vitamin dan pengecekkan kesehatan, Posyandu juga dapat menjadi sarana untuk memeriksa dan mengobati beberapa penyakit yang diidap oleh orangtua atau lansia.

“Ya disini selain kita berikan vitamin kepada balita, kita juga sediakan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan untuk lansia,” ujar Fitri.

Dikatakannya, Posyandu di Kota Palembang sendiri sudah lama aktif dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala tiap bulannya. “Kalau ada yang harus dirujuk, maka kami akan menjembataninya, apalagi kalau ia dari keluarga kurang mampu. Kita akan upayakan mereka mendapat pengobatan yang layak,” katany.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia menambahkan, totalnya ada 131 balita yang diberikan asupan vitamin A, 70 orang diberikan obat cacing, tujuh wanita memasang KB implan dan sembilan wanita memasang IVA.

“Vitamin A yang warna biru diberikan kepada bayi usia enam bulan hingga setahun, kalau yang merah diberikan kepada bayinya yang berusia 1-5 tahun,” jelasnya.

(Nn/ hms)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *