PPK Kabupaten Malteng Resmi Dilantik

  • Whatsapp

MASOHI, beritaLima.com,- Ketua Komosi Pemilihan Umum (KPU), Maluku Tengah, Ridwan Tomagola resmi melantik 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Kabupaten itu.

Pelantikan digelar pada Rabu (8/11) di Gedung Mae Oku, Kota Masohi. Usai dilantik, para anggota PPK yang baru diambil sumpah janjinya itu mengikuti Bimbingan teknis PPK dalan rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 yang diselenggarakan KPU Maluku Tengah.

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Kapolres Maluku Tengah AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora, PLH Kajari Maluku Tengah Viktor Mailoa dan Kasdim 1502/Masohi, Mayor Inf. Adi Ekajaya.

Tomagola mengambil sumpah janji 90 orang anggota PPK yang tersebar pada 18 Kecamatan dengan Surat Keputusan KPU Maluku Tengah Nomor 19 tentang pengangkatan PPK pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018.

Pada acara pelantikan ini, Tomagola mengatakan, PPK yang baru dilantik telah melewati tahapan tahapan seleksi ketat dan independen serta menjunjung tinggi kejujuran.

“Selaku PPK Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018, harus berperan aktif dalam memberikan informasi dan edukasi tentang pemilihan kepala daerah serta tetap menjunjung tinggi aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugas,” tandas Tomagola kepada seluruh anggota PPK yang barus selesai dimabil sumpah.

Tomagola juga minghimbau PPK harus mematuhi segala ketentuan undang undang dan tetap netral tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

“Tugas penyelenggara tidak perlu ragu dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Tomagola.

Bupati Maluku TengahTuasikal Abua dalam sambutannya mengatakan anggota PPK akan makin berintegritas, profesonalitas dan memiliki kompetensi yang memadai sehingga makin siap mengemban amanah dalam mensukseskan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018.

Mengingat tugas dan wewenang yang saudara-saudara emban sangatlah strategis dan tidak mudah, maka saya berharap setiap anggota PPK harus menguasai dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara baik dan benar, menguasai dan mematuhi ketentuan penyelenggaraan yang berlaku, bersikap netral serta jangan berafiliasi dengan partai politik maupun pasangan calon tertentu.ungkap Tuasikal

Tuasikal,menambahkan.Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas-tugas nantinya, PPK harus selalu berkoordinasi dengan KPU, Panwaslu dan Camat secara intens, serta bersikap proaktif dan bertindak cepat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Selaku anggota PKK dapat dilaksanakan dengan baik maka kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan pasca pelantikan ini hendaknya diikuti dengan serius dan disiplin. Sehingga seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber

dapat dicerna dan dijadikan sebagai acuan untuk menambah

bekal pengetahuan saudara saat menjalankan tugas sebagai anggota PPK.

Tuasikal meyakinkan dengan berbekal ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini maka saudarasaudara anggota PPK akan makin berintegritas, profesonalitas dan memiliki kompetensi yang memadai sehingga makin siap mengemban amanah dalam mensukseskan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018.

Lebih dari itu saya juga berharap kiranya seluruh jajaran penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 nanti dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung dengan lancar dan sukses serta melahirkan

pemimpin daerah yang berkualitas dan bermartabat,”harap Tuasikal

Tusikal, menghimbau, seluruh komponen, seperti partai politik, LSM, stakeholder, KPU dan jajaran penyelenggara serta PANWAS untuk melakukan pengawasan intens disetiap tahapan pilkada nanti.

Tuasikal juga meminta agar masyarakat juga diberikan pendidikan politik yang baik, cerdas dan santun kepada masyarakat.
Lebih dari itu, lanjut Bupati, semua unsur pemangku kepentingan, termasuk juga masyarakat, harus menjaga stabilitas keamanan yang sudah sangat kondusif di bumi Pamahanunusa tersebut.

“Jangan mudah terpancing oleh isu-isu provokatif, yang akan merusak tatanan hidup kita sebagai orang basudara di daerah ini,”Ajak Bupati.

Dia juga mengajak untuk semua kalangan pemerintah maupun masyarakat agar mengokohkan persatuan dan kesatuan sesuai visi-misi pemerintahan dari pasangan Tulus jilid II ini.

“Demi terwujudnya Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan dalam semangat Hidup orang basudara, Melalui pembangunan berkelanjutan dan yang baru dilantik sebagai Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubemur Maluku tahun 2018,”Tutupnya.(Josye)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *