Presiden Jokowi Hadiri KTT BRICS di Afrika Selatan, Sambutan WNI Meriah

  • Whatsapp

Afrika Selatan – Presiden RI, Ir. Joko Widodo, tiba di Johannesburg (23/8), dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Afrika Selatan, 22-24 Agustus 2023.

Presiden bersama rombongan tiba
disambut oleh sejumlah pejabat teras di Afrika Selatan dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, merangkap Botswana, Eswatini, dan Lesotho, Saud Purwanto Krisnawan.

Kehadiran Presiden RI Afrika Selatan melengkapi kunjungannya di Benua Afrika, setelah sebelumnya mengunjungi tiga negara lainnya, yakni Kenya, Tanzania, dan Mozambique.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Presiden RI ke negara beribukota Pretoria tersebut.

Serangkaian pertemuan bilateral direncanakan dengan beberapa negara seperti Democratic Republic of Congo, dan tuan rumah KTT BRICS, Afrika Selatan.

Nampak dalam rombongan kepresidenan, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Kedatangan Presiden Jokowi juga mendapat sambutan meriah dari puluhan WNI di Afrika Selatan.

“Mereka datang dari berbagai kota di Afrika Selatan seperti Pretoria, Johannesburg, Cape Town, bahkan ada yang rela datang dari negara tetangga, Eswatini,”kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, Saud Purwanto Krisnawan.

Dikatakan, penyambutan spesial kepada Presiden dilakukan dengan mengumandangkan lagu “Indonesia Pusaka” karya Ismail Marzuki oleh kelompok WNI.

“Lagu Indonesia Raya dikumandangkan WNI saat Presiden dan rombongan memasuki pelataran Pallazo Hotel Johannesburg. Euforia WNI terlihat sangat tinggi terutama pada saat Presiden Indonesia ke-7 tersebut melangkah mendekati kelompok WNI seraya menyalami dan menyapa serta meladeni permintaan WNI untuk ber-swafoto bersamanya,”ucapnya.

“Tentu kami sangat senang dengan antusiasme yang besar yang ditunjukkan WNI di Afrika Selatan pada penyambutan Bapak Presiden RI di Johannesburg. Ini bentuk Kecintaan yang sangat besar pada bangsa dan negara.”imbuhnya.

Leniwaty, salah seorang WNI, pegiat bisnis Spa yang menyempatkan diri datang jauh-jauh dari Eswatini, mengaku sangat senang dan bangga bisa bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo pada kesempatan kunjungannya ke Arika Selatan.

“Saya sengaja datang dari Eswatini untuk menyambut Pak Jokowi di Afrika Selatan. Ini tentunya sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi saya.” katanya

Kunjungan Presiden RI dalam rangka KTT BRICS yang berlangsung di bawah tema “Partnership for Mutually Accelarated Growth, Sustainable Development, and Inclusive Multilateralism” akan diakhiri pada tanggal 24 Agustus 2023.
(Sumber KBRI Pretoria: RM/LI/AP)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait