Prihatin Langkanya APD dari Penyebaran Virus Covid-19, Relawan Kemanusiaan Ini Akhirnya Produksi Sendiri

  • Whatsapp
www.beritalima.com
MAGELANG, beritalima.com | Prihatin dengan kondisi saat sekarang dengan mewabahnya virus covid-19, para relawan kemanusian Sedulur Relawan Magelang (Serem. Red) berusaha melakukan tindakan nyata guna mencegah tertularnya para relawan yang bergerak mengatasi mata rantai virus tersebut.
Setelah melakukan beberapa ujicoba sendiri akhirnya mereka berhasil membuat Alat Pelindung Diri (APD) yaitu face shield.
“Tujuan kami membuat APD ini untuk membantu garda terdepan penanganan Covid-19 utamanya tenaga medis dan relawan lain.” Ungkap Purwoko.
Inisiator pembuatan APK tersebut menambahkan bahwa dirinya merasa prihatin dengan kelangkaan alat tersebut di lapangan.
“Saya sendiri mengalami hal tersebut sehingga berupaya bagaimana caranya agar APD yang kami buat tersebut paling tidak mengurangi kelangkaan. Ini murni swadaya kami dalam hal pendanaannya.” Katanya disela-sela mebuat APD, Kamis (2/3/2020).
Dia menjelaskan bahwa Face shield tersebut dibuat dari plastik mika bening dengan ukuran 30 x 25 centimeter. Kemudian memakai tali dan gabus agar nyaman saat dipakai. Sedangkan modelnya terinspirasi dari Youtube.
“Saat ini pun kami sudah terima pesanan dari rumah sakit dan dalam masa proses pembuatan. Dikarenakan terbatasnya tenaga dan alat untuk membuat APD tersebut, ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk memenuhi pesanan tersebut.” Ujar Purwoko.
Dia juga berharap para relawan lain terinsipirasi dengan yang dilakukannya bersama komunitas relawannya. Direncanakan pula bahwa baju khusus seperti yang dipakai para medis juga akan diproduksi.
“Kami sambut dengan tangan terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar membuat face shield di basecamp kami tepatnya di Ant Advanture Jalan Kahendra Magersari, Kota Magelang.” pungkasnya. (Rjt-04 Slamet R)
www.beritalima.com

Bacaan Lainnya

Pos terkait