Prodi D3 Kebidanan IIK Pelamonia Kesdam XIV Hasanuddin Gelar Pelatihan Preceptorship dan Mentorship

  • Whatsapp

MAKASSAR. Program Studi D3 Kebidanan Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin (IIK Pelamonia Kesdam XIV/Hsn) Makassar gelar Pelatihan Preceptorship dan Mentorship, Kamis- Sabtu, 19-21 Agustus 2021, bertempat di Ruang Masamba 5 Hotel Aryadutha Makassar.

Pelatihan ini terselenggara atas dukungan dari program Center of Excellence (COE) Pendidikan Kebidanan Indonesia, terselenggara berkat kerjasama United Nations Population Fund (UNFPA).

Global Affairs Canada (GAC), PPSDMK Kemenkes RI, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) telah memilih 5 institusi kebidanan di Indonesia, salah satunya adalah Prodi D-III Kebidanan IIK Pelamonia Kesdam XIV/Hsn Makassar.

Rektor IIK Pelamonia Mayor Ckm (K) Dr. Ruqaiyah, S.ST., M.Kes., M.Keb, pada sambutan pembukaan, Jumat, 19 Agustus 2021, menyampaikan terima kasih kepada Kakesdam XIV/Hsn Kolonel Ckm dr. Azhari Ramdani atas supportnya untuk kemajuan IIK Pelamonia.

Mayor Ckm (K) Dr. Ruqaiyah, menambahkan pelatihan preceptor dan mentor sangat penting karena terkait bagaimana membimbing calon bidan, mendidik agar mahasiwa calon bidan berkualitas dengan tetap melibatkan aspek psikologis mahasiswa dan memfasilitasi mahasiswa mendapatkan pengalaman profesional tanpa ada rasa takut, tandasnya.

IIK Pelamonia saat ini membina 8 prodi yaitu; prodi D-III Keperawatan, prodi D-III Kebidanan, prodi D-III Farmasi, prodi S1-ARS. prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan.

Lewat pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat pula dalam proses preseptorship kepada mahasiswa pada seluruh prodi yang ada di IIK Pelamonia, ungkapnya.

Ketua panitia pelatihan, Noviyani Hartuti, S.SiT, M.Kes, dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas para pembimbing klinik dalam melaksanakan pembimbingan sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas bimbingan klinik pada mahasiswa agar bisa teracapai kompetensi yang ditetapkan dengan memberikan pengalaman nyata di klinik.

Acara pelatihan dihadiri, Warek I, Asyima, S.ST.,M.Kes.,M.Keb, Warek II, Ns.Fauziah Botutihe., S.Kep.,SKM.,M.Kes, seluruh dosen IIK Pelamonia.

Narasumber pelatihan ini adalah tim dari Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia Pusat (AIPKIND Pusat), diantaranya, Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes (Ketua AIPKIND Pusat), Ns. J.M. Metha, A.Md.Keb., S.Kep., M.Med.Ed., Juli Oktalia., S.ST., MA.

Kegiatan pelatihan berupa ceramah dan praktek simulasi dengan materi: Konsep pembelajaran klinik, metode pembelajaran klinik Preceptor dan Mentor, metode simulasi bimbingan klinik serta aplikasi role play bimbingan klinik (Coaching, reflective learning, case study dan case presentation).

Pelatihan diikuti oleh 30 orang pembimbing klinik kebidanan dari berbagai Rumah Sakit Pemerintah/Swasta, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Rumah Bersalin serta Puskesmas, Praktik Bidan Mandiri yang menjadi lahan praktik klinik kebidanan bagi mahasiswa Prodi Kebidanan IIK Pelamonia.

Acara berlangsung khidmat dan lancar, semua peserta dapat mengikuti dengan baik. Selanjutnya mereka diharapkan lebih siap dan profesional dalam membimbing mahasiswa untuk praktik klinik di lahan praktik.

Lewat pelatihan, diharapkan bisa memfasilitasi pembimbing klinik untuk mendapatkan sertifikasi pembimbing klinik dan memiliki kompetensi handal untuk mendidik mahasiswa kebidanan menjadi bidan yang profesional dan berkualitas.

Kegiatan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik yang tepat untuk dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan di klinik.

Demikian rilis dari IIK Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin. (yudi/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait