Profesor Diaspora Bagi Pengalaman Menulis Jurnal di Kopertis IX

  • Whatsapp

Salah seorang profesor diaspora Indonesia menetap di Amerika Serikat, Prof. Siti Kusujiarti, Ph.D, Selasa (30/5/2017) menjadi pembicara pada temu ilmiah digelar Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Jl. Bung Makassar, dengan mengusung tema ‘’ Diskusi Pengembangan PTS dan Akses Jurnal Internasional.

Temu ilmiah dibuka Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir. Andi Niartiningsih, MP dengan moderator Sekpel Kopertis IX, Dr.Hawignyo, MM turut hadir, Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan dan Gender Universitas Hasanuddin (P3KG Unhas), Dr. Rabina Yunus, M.Si serta para pimpin PTS se-Sulawesi.

Prof Atik panggilan akrabnya Siti Kusujiarti dalam pemaparan materinya mengatakan, peluang kerjasama international dalam penelitian, penulisan dan kegiatan ilmiah lainnya terbuka luas.

Kerjasama internasional dalam penelitian dapat menghasilkan kolaborasi/kerjasama interkultural sehingga menambah beragam perspektif, memperkaya pengalaman di tingkat international dan menambah pengalaman international serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, publikasi dan pengajaran.

Penelitian kerjasama international diperhadapkan dengan tantangan di antaranya, ada perbedaan sistem pendidikan di setiap negara, etika penelitian dalam persyaratan memperoleh beasiswa melakukan penelitian serta perbedaan pandangan persepektif dalam pengalaman, kinerja di lapangan serta hasil yang diharapkan,” jelasnya.

Akademisi asal Indonesia yang aktif di kampus Warren Wilson College Amerika Serikat juga menjelaskan, membuat jurnal internasional, ide dan fokus penelitian harus dikemukakan dengan jelas. Peneliti harus tahu pertanyaan apa yang ingin dijawab melalui penelitian, tandasnya. (yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *