beritalima.com

Program Baznas Jember Saat Kondisi Covid 19, Santuni Kaum Dhu’afa

  • Whatsapp

Jember – KH Misbahus Salam Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember menyatakan ada lima program pokok yang dilakukan dalam kondisi covid 19. Diantaranya; 1. Jember Cerdas, bergerak dalam bidang pendidikan, 2. Jember Sehat, gerakan untuk kesehatan ummat, 3. Jember Taqwa, Harakah Dakwah , 4. Jember Penduli, menyantuni para dhu’afa, dan 5. Jember Makmur, ikhtiar dalam pengembangan ekonomi ummat.

“Dalam situasi Covid 19 ini, ada beberapa program yang sudah direalisasikan BAZNAS Jember, antara lain : 1. Menyelenggarakan Istighatsah Live Streaming media di Masjid Darus Salam Sukorejo, 2. Sosialisasi Hidup Sehat bersama Palang Merah Indonesia di Kampung SDGs Bangsalsari , 3. Bersinergi dengan Bupati, Polres Taruna Bumi Foundation, IAIN, melakukan penyemprotan, dan 4. Menyantuni Faqir Miskin bersinergi dengan Kades, Ormas, dan elemen masyarakat,” Kyai Misbah sapaan akrabnya, saat dihubungi Minggu (26/04/2020).

beritalima.com

Menurutnya, Gerakan BAZNAS Jember dimonitor oleh Bank Indonesia, lalu Sub BMPD Jatim memberi bantuan dana untuk melakukan penyemprotan ke Masjid, Mushalla, Pondok Pesantren dan rumah rumah masyarakat. Maka setiap hari tanpa henti BAZNAS Jember melakukan penyemprotan.

“BAZNAS Jember juga membeli 1000 Masker untuk dibagikan kepada masyarakat dan membeli Alat Pelindung Diri (APD) lalu disumbangkan ke Dokter dan perawat di puskesmas,” tambah Kyai Misbah.

Katanya, kondisi Covid 19 ini sangat terasa dampaknya pada tukang becak, Ojek, sopir angkot, dan pada kaum dhu’afa. Maka BAZNAS Jember membagi 4 Ton Beras isi 5 Kg kepada mereka dengan langsung turun kelapangan maupun lewan beberapa ormas dan elemen masyarakat.

beritalima.com

“BAZNAS Jember juga melakukan bedah rumah tidak layak huni di lima titik. Dengan harapan bantuan pada Dhu’afa dapat menjadi Daf’ul Bala’ agar masyarakat di negara ini di selamatkan oleh Allah SWT dari wabah pandemik Virus Corona,” tukas Direktur Darus Salam Center (DSC) ini.

Harapannya, di Bulan Ramadhan ini BAZNAS Jember meluncurkan BAZNAS TV atau Chennel YouTube dengan agenda kegiatan ; Ceramah dari para da’i, Pengajian Kitab Kuning, Lomba Blog ZIS, Lomba lagu Mars dan Himne BAZNAS Jember dan lagu lagu religi.

“Hal ini untuk mengisi kekosongan pekerjaan dan kejenuhan ketika lebih banyak di rumah aja atau stay at home. Untuk itu pesan saya kesehatan diri dan keluarga, kalau tidak penting jangan keluar rumah,” pungkas Kyai Misbah. (red)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait