beritalima.com

Program Jatim Seger Sinergi Membangun Masyarakat Melalui Spirit Olahraga

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com- Program Jatim Senang Gerak (Seger) yang diperkenalkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 Provinsi Jatim di Lapangan Ronggosukowati Kabupaten Pamekasan, pada bulan September silam, mendapat apresiasi dari civitas akademika Universitas Negeri Surabaya.

Hal ini terungkap dalam acara Webinar Nasional dengan tema Olahraga Sebagai Ujung Tombak Revolusi Mental, Selasa (24/11) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Seminar secara virtual ini dibuka oleh Rektor Unesa, Prof. DR. H. Nurhasan , M.Kes, dengan narasumber melalui aplikasi zoom meeting, Staff Khusus Wakil Presiden RI, Prof. Dr. H. Mohamad Nasir, Guru Besar FIK Unesa Prof. DR. I Made Sri Undy Mahardhika, M.Pd.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sedang mengadakan kunjungan kerja di Semarang, sedianya menjadi pembicara berhalangan bergabung karena kendala jaringan internet dan didelegasikan kepada Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jatim, Drs.Supratomo Msi..yang juga sebagai kepala PLT Badan Perpustakaan Provinsi Jatim.

Sebagai pembicara terakhir dalam webinar yang diikuti 376 partisipan ini, Supratomo menjelaskan Program Jatim Seger ini merupakan upaya Gubernur supaya masyarakat JawaTimur senang bergerak.

beritalima.com

“Artinya, senang berolahraga sehingga olahraga menjadi bagian dari kehidupan,” ucap Supratomo.

Olahraga yang dimaksud, lanjutnya, adalah kegiatan olahraga apapun yang disukai dari jenis permainan sampai beladiri. Karena dengan menyukai olahraga maka akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran sehingga bisa meningkatkan produktivitas serta sasaran terakhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan.

Untuk mendukung dan merealisasikan  Program Jatim Seger ini, instansi yang dipimpinnya juga menggelar lomba untuk memodifikasi kegiatan di rumah tangga menjadi gerak olahraga. Seperti menyapu lantai, mengepel, menyulak membersihkan perabotan dari debu dan kegiatan rutinitas lainnya di rumah tangga. Karena selain menjadi gerak olahraga yang bermanfaat juga menyenangkan-meringankan pekerjaan.

“Setelah Program Jatim Seger ini dicanangkan oleh Ibu Gubernur maka kita ingin melibatkan semua pihak untuk mensukseskan kegiatan senang bergerak ini. Karena dengan senang gerak selain fisik yang sehat juga jiwanya sehat. Kami ingin semua terlibat dari kalangan akademisi dan organisasi-organisasi olahraga. Sehingga kalau Jatim Seger ini berhasil maka akan lahir bibit-bibit atlit yang lahir dari pondasi anak-anak senang gerak” papar Pejabat Eselon IIa ini. (wan/red).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait