Puluhan Imigran Rohingya Mendarat Lagi di Pantai Aceh

  • Whatsapp

Beritalima.com, Aceh Besar- Puluhan imigran Rohingya kembali terdampar di pesisir pantai Gampong / Desa Ujong Keupula, Kemukiman Lampanah, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh dini hari Kamis, 16 Februari 2023, sekitar pukul 10.00 WIB.

Informasi yang di himpun Beritalima.com di lapangan hari ini terpantau puluhan Pengungsi Rohingya Tiba Lagi di Aceh, mereka terdampar pada hari ini kamis pagi sekitar pukul 10.00 wib dan terlihat juga puluhan Pria dan Wanita serta Anak anak terdampar di bibir pantai dengan kondisi mereka sangat lemah.

Sementara itu Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, melalui Kabid Humasnya Kombes Joko Krisdiyanto membenarkan, Memang ada terdampar bot kayu berukuran 15 x 4 meter beserta 69 penumpang yang merupakan imigran Rohingya yang kini terdampar di Desa Lampanah Kabupaten Aceh Besar.

Jumlah tersebut, kata Joko, yang terpantau, laki-laki dewasa 26 orang, perempuan dewasa 23, dan anak-anak 20 orang, kini mereka sudah di amankan.

“Benar, satu bot kayu beserta 69 penumpang yang merupakan imigran Rohingya terdampar di Lampanah, Aceh Besar,” ujar Joko,

Saat ini, imigran Rohingya itu masih berada di pantai Gampong Ujung Keupula untuk dilakukan pendataan dan pengecekan kondisi oleh aparat kepolisian, Dinas Sosial Aceh Besar, dan Muspika Seulimeum.

Selanjutnya akan dibawa ke tempat penampungan di UPTD Dinas Sosial di Ladong untuk ditindak lanjut oleh IOM dan UNHCR.

informasi lain yang di himpun Beritalima dari Panglima Laut Aceh, Mifah, juga membenarkan, satu jari sebelumnya ada dilaporkan oleh nelayan di kawasan Peudada, Kabupaten Bireuen terlihat satu Bot bermuatan orang sekitar 10 mil dari daratan tiba tiba hilang ucap nelayan itu.

“Pertama kita dapat informasi dari Nelayan Di daerah kabupaten Bireuen, tapi tiba tiba ada sebuah Bot yang bermuatan manusia itu mendarat di Perairan Aceh besar, itu kemungkinan besar bot yang kemaren hari ini mendarat di kabupaten Aceh Besar,” ucapnya,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait