Puncak AKB 2021, Walikota Madiun: Peran dan Eksistensi KIM Wajib Ditingkatkan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terus dioptimalkan di Kota Madiun, Jawa Timur. Salah satunya melalui perlombaan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Madiun, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kembali menggelar Anugerah KIM Berprestasi (AKB) tahun ini. Pun, AKB 2021 terbukti menjadi ajang kreativitas bagi KIM Kota Madiun.

Walikota Madiun, H. Maidi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi penyelenggara maupun peserta.

‘’Terima kasih kepada Kominfo atas kegiatan ini. KIM merupakan corong pemerintah di masyarakat. Sudah seharusnya peran dan eksistensi mereka terus ditingkatkan,’’ tutur H. Maidi, saat Puncak Anugerah KIM Berprestasi 2021 di GCIO, Selasa 7 Desember 2021.

Kota Madiun, lanjutnya, merupakan daerah dengan kategori sangat terbuka. Itu dibuktikan dengan diraihnya Komisi Informasi (KI) Award 2021 beberapa waktu lalu. Kota Madiun mendapat nilai nyaris sempurna dan berhasil menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Yakni 97,33.

Hal itu, paparnya, tak terlepas dari peran KIM. KIM telah turut dalam urusan penyebarluasan berita. Tak hanya itu, KIM juga turut menjadi pencerah disaat banyaknya pesan hoax yang beredar di masyarakat.

‘’KIM Kota Madiun luar biasa. Karenanya harus terus ditingkatkan. Pemerintah harus memfasilitasi lebih. Harus diberikan pelatihan-pelatihan biar produknya semakin menarik lagi,’’ ucapnya.

Berbagai perlombaan digelar dalam AKB 2021 tersebut. Mulai lomba Website dan Media KIM, Lomba Inovasi Kegiatan KIM, Lomba Pewarta Warga berupa Video Promosi UMKM dan Promosi Objek Wisata.

Walikota berharap, kegiatan terus ditingkatkan. Ke depan, promosi objek wisata dan UMKM harus menyeluruh di semua titik. Seperti diketahui, Kota Madiun memiliki 27 UMKM di tiap kelurahan. Sementara ada 55 Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa menjadi objek wisata di Kota Pendekar.

‘’Video pemenang bisa ditampilkan di youtube. Viewer terbanyak bisa ditambahkan hadiah lagi. Jadi promosi yang dilakukan dari masyarakat untuk masyarakat,’’ ujarnya.

Dalam ajang ini, KIM Kelurahan Winongo berhasil menjadi yang terbaik untuk kategori lomba Website dan Media KIM. Sedangkan kategori Inovasi Kegiatan, KIM Kelurahan Taman berhasil menjadi pemenang.

Kemudian, KIM Kelurahan Rejomulyo berhasil menjadi pemenang lomba Pewarta Warga kategori Video Promosi UMKM, dan kategori Promosi Objek Wisata dimenangkan Aqib Ibnu Hambal.

Masing-masing pemenang mendapatkan sertifikat, piala, dan uang pembinaan. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

H. Maidi (atas) kiri.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait