Puncak HSPN, TN Baluran Situbondo, Edukasi Pelajar. SD SMP SMA Kelola Sampah Plastik

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Pada puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN) 2019, pengelola Taman Nasional Menggandeng Koramil, Polsek Banyuputih, Puslatpur TNI AL, Pemdes Wonorejo dan Sumberwaru,
mengedukasi masyarakat serta siswa – siswi SD.SMP, SMA Banyuputih untuk meningkatkan kepedulian tentang sampah. Senin (4/03/2019).

Sebelum kegiatan Kepala Balai TN Baluran, Ir.Bambang Sukendro, M.M yang bertindak pemimpin Apel membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dimana disebutkan tingkat kepedulian masyarakat akan pengelolaan sampah masih sangat minim.

“Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kepedulian masyarakat Indonesia tentang pengelolaan sampah sangat rendah, Kementerian LHK berkomitmen akan mendorong budaya peduli sampah tersebut menyebarluas dalam kehidupan masyarakat sehari – hari,” Ucap Bambang membacakan sambutan kementeian LHK.

Usai Apel Bambang menambahkan tujuan mengajak pelajar dari tingkat SD,SMP hingga SMA dimaksudkan menanamkan sejak dini terhadap generasi penerus tentang bahayanya sampah non organik bagi keberlangsungan ekosistem yang ada.

“Peserta juga kita ajak membersihkan beberapa titik di TN Baluran sekaligus kita beri penyuluhan pemanfaatan limbah plastik,”Jelasnya.

Sementara Kepala SPTN Karang Tekok Wilayah II TN Baluran. Lukman Hidayat juga memamparkan pada peringatan HSPN 2019, kegiatan tersebut merukan ketiga kalinya TN Baluran mengajak seluruh elemen melakukan bersih – bersih sampah serta memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar bahkan kepada pengendara yang lewat agar ikut peduli dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Taman Nasional Baluran Merupakan Icon atau kebanggan bersama dan dihuni oleh berbagai satwa langka, keberadaan sampah berserakan tersebut bukan hanya mengganggu bagi pengujung tapi juga membahayakan bagi, satwa – satwa yang ada di wilayah TN Baluran, baik didarat maupun dilaut,” Papatnya.

Bersumber dari data TN Baluran, sebelumnya pada 28 Februari 2019 Balai TNB bersama masyarakat melaksanakan bersih sampah di sepanjang jalan pantura di blok hutan Bitakol. Dilanjutkan
tanggal 2 Maret 2019, Balai TN Baluran juga bersama masyarakat melaksanakan bersih sampah di Pantai Perengan.

Sementara pada hari ini kegiatan bersih – bersih sampah dipusatkan dise panjang pantai Bama. terlihat dengan berkelompok sekitar 4 – 5 orang siswa – siswi dengan membawa kantong plastik dengan semangat memunguti setiap sampah yang di jumpai. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *