Pushidrosal dan BMKG Integrasikan Informasi Cuaca Laut

  • Whatsapp
Foto: Dok. Pushidrosal

Jakarta, beritalima.com | Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pererat kerjasama untuk integrasi informasi cuaca di laut.

Pushidrosal melalui portal Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) sinergi dengan Portal informasi cuaca milik BMKG sebagai media publikasi informasi yang bisa diakses oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut merupakan salah satu bahasan saat Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto bertemu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor Pusat BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat (13/2).

Selama ini telah ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pushidrosal dengan BMKG sejak 2016 dan telah diperbaharui pada 2022 untuk kelanjutannya terkait informasi meteorologi maritim, klimatologi, geofisika dan hidro-oseanografi serta kalibrasi peralatan meteorologi.

Kerja sama yang dilakukan diantaranya pemanfaatan data dan informasi meteorologi, klimatologi, serta geofisika untuk analisa meteorologi, klimatologi, dan geofisika guna mendukung operasi dan latihan TNI/TNI AL, peningkatan keterampilan dan kemampuan teknis bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika melalui pendidikan Sekolah Tinggi Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) serta kursus singkat serta penyusunan, penerbitan dan publikasi peta laut yang mencakup kawasan konservasi perairan taman nasional laut, taman wisata laut dan wisata bahari.

Melalui portal Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) Pushidrosal, dapat di akses secara terbuka oleh para pengguna maupun pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional, guna pemanfaatan data hidrografi berbagai kepentingan termasuk di dalamnya dalam penggunaan peta laut sebagai Marine Spatial Data Infrastructure di laut.

Integrasi portal sebagai media publikasi informasi kepada masyarakat pengguna yaitu Indonesian Weather Information for Shipping (INA-WIS) milik BMKG dan IHDC Pushidrosal saat ini masih dalam tahap proses karena perbedaan platform.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait