Putra Lembata NTT Raih Doktor Di UIN Alauddin Makassar

  • Whatsapp

Citizen Reporter

Laporan: Nikolaus Beni
Wakil Ketua Ikatan Keluarga Asal Lembata (IKAL) Makassar

MAKASSAR–Mantan Ketua Umum DPD IMM Sulawesi Selatan, Dahlan Lamabawa, berhasil meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Senin, 28 Agustus 2017.

Dahlan Lamabawa, putra asal Kedang, Lembata, Flores, Nusa Tenggara Timur, ini meraih doktor setelah berhasil memertahankan disertasinya di hadapan Tim Penguji yang dipimpin oleh Prof Dr H Sabri Samin, MA (Ketua Sidang sekaligus Direktur Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar).

Prof Dr H Moch Qasim Mathar MA (Promotor), Prof Dr H Muh Natsir Mahmud MA dan Prof Dr Mustari Mustafa M. Pd (Kopromotor). Penguji diantaranya Dr H Darwis Muhdina, M. Ag, Prof Dr H Barsihan Noor, Prof Samiang Katu dan Prof Dr H Natsir Mahmud.

Disertasi Dahlan Lamabawa berjudul Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Lembata-NTT (Studi Nilai-nilai Masyarakat Kedang).

Hadir dalam promosi doktor ketua DPD IMM Sulsel periode 1999-2000 ini sejumlah tokoh Muhammadiyah Sulsel, seperti Dr KH Alwi Uddin, M. Ag. (mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel), Dr Ir Syaiful Saleh (Ketua BPH Unismuh Makassar).

Rektor Unismuh Makassar Prof Dr Rahman Rahim, mantan Rektor Unismuh Makassar, Wakil Rektor III Unismuh Makassar Abd Rakhim Nanda, Direktur Umum PD Terminal Makassar Metro Niko Beni, dan sejumlah tokoh dan kawan-kawan Dahlan Lamabawa.

Dalam disertasinya, Dahlan Lamabawa, menjelaskan, kerukunan umat beragama di Lembata selama 417 tahun hingga kini berjalan harmonis. Hal ini terjadi karena masyarakat Lembata berasal dari satu rumpun keluarga, sehingga ketika ada konflik yang berbasis agama, cepat diselesaikan dengan basis kekeluargaan.

Dahlan Lamabawa yang memiliki nama kecil Dore Husen ini menjelaskan, konflik terbuka atas nama agama tidak pernah terjadi sama sekali. Namun, konflik kecil-kecilan biasa terjadi hanya saja bisa diatasi dengan cepat karena berasal dari satu kekerabatan kekeluargaan.

Berdasarkan hasil rapat tim penguji, Dahlan Lamabawa yang juga mantan ketua DPP IMM ini, dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan.

“Berdasarkan hasil yang sangat memuaskan ini, saudara dinyatakan lulus dengan segala predikat dan hak melekat. Saudara adalah doktor yang ke 553,” kata Prof Sabri Samin.

Kini, Dahlan Lamabawa yang mendaat IPK akhir 3,82 ini resmi bergelar Dr. Dahlan Lamabawa, S. Ag., M. Ag.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *