Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H, BI Sebar Mobil Kas Keliling Di Jayapura, ini jadwalnya

  • Whatsapp

JAYAPURA – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Papua menyiapkan mobil kas keliling penukaran uang pecahan saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Mobil kas keliling tersebar di beberapa lokasi di Kota Jayapua, yakni Abepura, Hamadi dan Kota Jayapura.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua July Budi Winartya menyebut, operasi mobil kas keliling dilaksanakan setiap hari Rabu, sejak Ramadhan hingga jelang Idul Fitri. Opersinya mulai pukul 10.00 WIT – 12.00 WIT,

“Jadi setiap hari Rabu selama Ramadhan, jadi ada empat kali, dimulai dari Rabu kemarin, dan akan berkahir pada Rabu Minggu ketiga jelang Hari Raya Idul Fitri. Lokasinya ada di Depan Onix Abepura, itu Rabu lalu, Rabu esok 13 April ada di area parkir Depan Sagu Indah Plaza (SIP), dan Rabu 20 April , area parkiran Hotel @home, 25 April di parkiran depan Pasar Ikan Hamadi. Pecahan yang disiapkan dari 20 ribu rupiah hingga 1000 rupiah. Totalnya 70 M untuk uang pecahan kecil,”jelasnya.

Dijelaskan, total uang yang disiapkan untuk memenuhi permintaan masyarakat saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mencapai 1,33 Trilyun, yang juga tersebar di 7 Bank di Papua dan Papua Barat.

“Jumlah uang yang disiapkan mencapai 1,33 Trilyun tersebar di 7 wilayah di Papua dan Papua Barat, meliputi Wamena, Nabire, Merauke, Serui, Biak, Timika dan Kota Sorong. Untuk pecahan kecil yang disiapkan mencapai 70 Milyar dari total tersebut,”jelasnya.

Dikatakan, jumlah uang yang disiapkan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni sebesar 15,65% dibandingkan tahun sebelumnya hanya, yakni diangka 1,15 Trilyun.

July juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan melakukan penukaran uang untuk memboking terlebih dahulu pada aplikasi PINTAR.

“Jadi supaya tidak antri, bisa diboking dulu lewat aplikasi PINTAR, bisa diakses melalui http://pintar.bi.go.id, aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam penukaran uang,”ucapnya.

Pihaknya juga meminta transaksi mengutamakan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital banking yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.
Termasuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP) yang tercermin juga dalam tema Ramadan/Idulfitri tahun ini, yaitu “Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah”.

Caption Foto : Transaksi penukaran Uang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait