Ratio CAR Bank NTT di Level Sangat Aman

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT menggelar konferensi pers akhir tahun.

Jumpa pers yang berlangsung di Subasuka, Kamis (29/12/2022) dihadiri para direksi dan komisaris Bank NTT serta kepala divisi.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho memaparkan capaian kiner Bank NTT selama tahun 2022.

Menurut Alex Riwu Kaho, Bank NTT mencatat prestasi gemilang. Sepanjang tahun buku 2022, bank kebanggaan masyarakat NTT ini kembali ditetapkan sebagai bank sehat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Capaian ini dimungkinkan karena rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank NTT saat ini berada di angka 26,05 persen yang berarti berada di level yang sangat aman.

Harry hadir lengkap bersama semua direktur dan 2 komisaris. Hadir para wartawan yang dari media-media yang menjadi mitra Bank NTT.

Harry menegaskan, rasio CAR ini mencerminkan kondisi Bank NTT secara umum sehat, sehingga dinilai mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.

Dia mengatakan, Bank NTT mampu mempertahankan tingkat kesehatan bank pada komposit 2, atau sehat baik dalam profil risiko, GCG (Good Corporate Governance), permodalan, maupun rentabilitas.

“Jadi ada perbaikan. Kalau tahun 2021 kita masih komposit 3, kali ini sudah komposit 2″, ujarnya.

Menurutnya, peningkatan yang terjadi selaras dengan berbagai program perbaikan yang sedang dilakukan manajemen, baik transformasi di bidang kredit, operasional dan mengikuti perkembangan digitalisasi dan elektronifikasi.

Dari sisi rasio CAR atau Capital Adequacy Ratio, kata Harry, Bank NTT saat ini berada di angka 26,05 persen. Rasio CAR ini berada di level yang sangat aman.

“Jika ada risiko dalam operasional bank, maka dengan CAR seperti ini akan mampu meredam gejolak dan risiko apapun yang terjadi di dalam bank,” jelasnya. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait