Rencana Pengoperasian Tol Blang Bintang-Baitussalam Tanpa Tarif

  • Whatsapp

Beritalima.com《 Banda Aceh- Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 (Blang Bintang-Baitussalam) sepanjang 12,7 km akan dioperasikan mulai Kamis ini, pukul 08.00 WIB Tanpa Tarif, sesuai dengan pengumuman yang disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, pada tanggal 21 Juni 2023.

Pengoperasian ini dilakukan setelah jalan tol tersebut mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 14 April 2023 yang lalu.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 antara Blang Bintang-Baitussalam menjadi dasar pengoperasian tersebut.

Tjahjo menyatakan bahwa pihaknya telah siap untuk mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Keputusan Menteri tersebut.

Mereka telah menyiapkan berbagai fasilitas serta 31 personel siaga, termasuk petugas layanan operasi, paramedis, dan patroli.

Sebelum dioperasikan secara resmi, dilakukan Uji Layak Fungsi (ULF) pada tanggal 6-7 Februari 2023. ULF meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, dan lainnya, sehingga petugas sudah siap dalam pengoperasiannya.

Jalan tol ini juga telah diuji coba secara fungsional saat momen Mudik Lebaran 2023. Selama masa uji coba, lebih dari 10 ribu kendaraan melintasi jalan tol ini tanpa terjadi kecelakaan.

Meskipun belum ada tarif yang dikenakan, pengguna jalan tol tetap diharapkan untuk melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas.

Tjahjo mengimbau agar pengguna jalan mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol, seperti membatasi kecepatan maksimal menjadi 100 km/jam, menjaga jarak aman minimal 10-20 meter dengan kendaraan di depan, dan memastikan kendaraan tidak melebihi muatan.

Dengan pengoperasian jalan tol ini, diharapkan akan tercipta konektivitas yang lebih baik antara Sigli dan Banda Aceh, serta memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam perjalanan bagi pengguna jalan,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait