Resmi! Steve Mara Launching The Melanesian Youth Diplomacy Forum di Kota Jayapura

  • Whatsapp

JAYAPURA – Melanesian Youth Diplomacy Forum (MYDIF) atau Forum Diplomasi Pemuda Melanesia resmi dilaunching di Jayapura Kamis (8/9/2022).

MYDIF merupakan sebuah organisasi Pemuda Internasional yang diinisiasi oleh Pemuda LIRA Papua Steve R.A Mara., M.Han., yang memiliki tujuan untuk membangun hubungan baik antara pemuda Indonesia dan pemuda dari negara-negara sahabat di kawasan Pasifik.

Organisasi ini bertujuan membangun hubungan kerja sama yang baik antara anak muda sesama ras melanesia di Indonesia dan negara-negara lain wilayah kepulauan pasifik.

Dalam Pidato pembukaannya Steve Mara menjelaskan bahwa dengan forum ini anak-anak muda akan terhubung dan akan melakukan banyak hal untuk pembangunan kapasitas anak muda diwilayah pasifik.

“Kita anak muda harus memiliki wadah yang tepat untuk membangun masa depan, saya yakin dengan MYDIF kita anak muda diwilayah pasifik akan terhubung dengan baik, dan hal ini kita lakukan untuk membangun kapasitas kita” kata steve mara.

Turut Hadir dalam acara launching forum internasional ini ada Agung Cahaya Sumirat selaku Direktur Keamanan Diplomatik Kemenlu RI, Lilly Rosse Welwel tokoh perempuan dari Vanuatu, Avenai Serutabua Tokoh muda dari Fiji, Komandan Korem 172/PWY dan Para diplomat muda dengan latar belakang ras Melanesia di Kementrian Luar Negeri Indonesia.

Direktur Keamanan Diplomatik Agung Cahaya mengapresiasi kehadiran forum internasional di Papua yang digagas oleh anak muda Papua. Menurutnya, Steve Mara mengambil langkah yang tepat untuk membangun kerjasama antar anak muda karena hal itu sejalan dengan kerja-kerja diplomasi kementrian luar negeri yang sedang membangun hubungan harmonis dengan negara-negara pasifik.

Sementara Itu, Tokoh perempuan Vanuatu yaitu Lilly Rosse menyampaikan turut bergembira atas kehadiran Forum ini karena akan menghubungkan anak muda. Lilly juga ingin segera ada pertemuan selanjutnya untuk laksanakan diskusi penting terkait isue-isue aktual di wilayah pasifik.

Hal itu diperkuat dengan pernyataan dari Tokoh Muda Fiji Avenai Serutabua bahwa saat ini anak muda di melanesia membutuhkan forum untuk membangun diskusi-diskusi yang dapat mengembangkan kapasitas. Melalui Forum ini Avenai juga berharap bisa diundang datang mengunjungi Indonesia.

Hadir dan sampaikan sambutannya, Komandan Korem 172/PWY Brigjen J.O Sambiring yang juga apresiasi gebrakan anak muda Papua Steve Mara dan berharap anak muda lainnya di Papua harus ikuti langkah Steve Mara, jangan sibuk dengan kegiatan politik dan lupa membuat langkah-langkah kongrit menyiapkan masa depan.

“Tunjukkan generasi muda mampu menjadi generasi yang bisa membuat perubahan. Kami mendukung berdirinya organisasi ini dan kami siap mendorong pemuda agar banyak belajar dan tampil, sekaligus berperan dalam ranah diplomasi terkhusus meningkatkan jalinan persahabatan antar bangsa dan menciptakan dunia damai tanpa kekerasan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung dengan penuh hikmat ini diiringi oleh alunan suara indah VG. Akustik Sidola, MC dipimpin oleh Desi Daimboa dan Moderator oleh Piche Ginuny.

Steve Mara yang membacakan deklarasi pendirian Melanesia Youth Diplomacy Forum ini disaksikan oleh 109 peserta dengan pukulan tifa sebanyak 3 kali Forum Internasional ini Resmi berdiri dari Papua dengan slogan “Stregthen the Solidarity from Indonesia to the World (memperkuat solidaritas dari Indonesia untuk Dunia)”.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait