Rinto : Dua Lokasi TPA,Lilikira Atau Karua Dijadikan TPA

  • Whatsapp

TORAJA UTARA-www.beritalima.com-Wakil Bupati Toraja Utara,Yosia Rinto Kadang saat memberikan keterangan pers Rabu (25/1), disela-sela ulang tahun puteri mereka di sekolah SMPN 2 Rantepao,saat dimintai keterangannya oleh awak media berita lima terkait soal Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) yang rencananya di Lilikira dan Karua,memang dua lokasi tersebut akan dijadikan TPA.

Wakil Bupati Toraja Utara juga menyebutkan soal TPA Lilikira masih menimbulkan kontraversial di tengah-tengah warga, hal itu diakui oleh orang nomor ‘2’ tersebut,tapi pihak Pemerintah kata Yosia,akan berupaya menyelesaikan persoalan yang timbul hingga soal TPA dapat diclearkan.

“Ini soal TPA,harapan Pemerintah lokasi Lilikira bisa dijadikan TPA,tentunya Pemerintah berupaya untuk menyelesaikan persoalan yang timbul ditengah-tengah warga,”jelas Rinto.

Sementara lokasi lain yang dilirik oleh Pemerintah Toraja Utara untuk TPA lokasinya di Lembang Karua Kecamatan Nanggala.Sempat TPA juga di rencanakan di Kecamatan Buntao Rantebua namun mandeg lagi akibat warga tidak setuju wilayah mereka di jadikan TPA.Hingga saat ini soal Buntao Rantebua dilirik Pemerintah untuk TPA hingga hari ini belum ada kejelasannya.”Kita sempat, Buntao Rantebua rencananya di jadikan TPA akibat warga protes niat itu terganjal lagi,” ungkapnya lagi.

Menyinggung Pemerintah Pusat telah menyiapkan dana untuk TPA Toraja Utara sebesar 11,5 Milyar,hal itu diakui oleh Wakil Bupati Toraja Utara,”Ya, dana sudah ada,tinggal TPA nya kita harus siapkan syarat untuk menerima dana tersebut,”ungkap Wakil Bupati Toraja Utara lagi.

Soal adanya kesimpangsiuran lokasi TPA tersebut,secara diplomasi Rinto mengatakan,”Itu Tidak benar,lokasi sudah ada,tinggal kita komunikasikan dengan warga untuk menyelesaikan persoalan yang ada.Dan saya berharap,soal TPA ini kepentingan kita bersama, kami berharap warga mendukung upaya Pemerintah rencana pembangunan TPA tersebut,”jelas Rinto.(Gede Siwa).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *