Riskesdas Menjadi Salah Satu Kajian Dalam Kelas Socrates Methode di FKM UPRI

  • Whatsapp

Makassar – Kelas kajian socrates Methode di gelar yang ke 3 kalinya di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang Republik Indonesia (FKM-UPRI) yang bertempat di Aula FKM UPRI. Sabtu, 9/12/2018

Pemateri pada kegiatan ini dibawakan langsung oleh Masdarwati SKM, M. Kes yang juga merupakan Dosen di FKM UPRI. Tema pada kegiatan ini adalah membahas tentang Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang merupakan survey berkala untuk memantau indikator status kesehatan masyarakat dan determinan yang mempengaruhinya. Riskesdas telah dilaksanakan selama 4 kali, yaitu tahun 2007, 2010, 2013 dan 2018.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas yang di lakukan oleh Wakil Dekan III FKM UPRI yang diperuntuhkan untuk mahasiswa FKM UPRI didalam mengembakan penalaranya khususnya di dunia kesehatan.

Menurut Masdarwati, Riskesdas 2018 terintegrasi dengan data Susenas Maret 2018 yang terdiri dari 300.000 sampel rumah tangga dengan menggunakan metode cross sectional study, Hasil utama Riskesdas 2018 meliputi status gizi, kesehatan ibu, kesehatan anak, penyakit menular dan tidak menular, kesehatan jiwa, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan,dan yankestrad.

Kesimpulan dari hasil kajian ini meliputi, Statug gizi balita membaik, namun obesitas dewasa naik (double burden masalah gizi), Trend Yankes ibu hamil,ibu bersalin, dan ibu nifas membaik dibanding Riskesdas 2013, Yankes bayi dan anak sedikit membaik, Trend penyakit tidak menular naik dibanding 2013, indikator GERMAS belum menunjukkan perbaikan, Proporsi, cedera sedikit naik dibanding 2013, Riskesdas 2018 menghasilkan data disabilitas pada lansia. (M. Arif Alif)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *