RPP Sebagai Evaluasi Pembelajaran dan Kemerdekaan Guru Dalam Berkreasi

  • Whatsapp
Siswi SMPI Al-qodiri Melaksanakan Praktikum IPA pada Materi Hukum Archimedes untuk Mengetahui Massa Jenis Air yang berpengaruh terhadap massa jenis benda

SUMENEP, beritalima.com| Pembelajaran yang berkualitas bukan ditentukan oleh berlembar-lembar RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran). Tetapi kemerdekaan guru untuk berkreasi, menggambangkan kedekatan belajar yang memprioritaskan kebutuhan murid.

Siswa siswi SMPI Al-qodiri melaksanakan praktikum IPA pada materi penanggulangan pencemaran air menggunakan filtrasi air

Karena itulah pada episode pertama Merdeka Belajar kami meluncurkan terobosan kebijakan penyederhanaan RPP menjadi cukup satu lembar saja.

Bacaan Lainnya

Cara membuat RPP diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

“RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD),” bunyi Permendikbud.

Kunci dari cara membuat RPP yang baik dan benar adalah tenaga pendidik harus menyesuaikan dengan Kompetensi Dasar dan memahami betul apa saja komponen RPP yang wajib ada. Kini, komponen cara membuat RPP hanya terdiri dari tiga dan satu halaman saja.

Cara membuat RPP awalnya terdiri dari sebelas komponen, mengutip dari situs jejaring sosial para akademisi di laman Academia.edu, apa saja?

1. Identitas mata pelajaran

2. Standar kompetensi

3. Kompetensi dasar

4. Indikator pencapaian kompetensi

5. Tujuan pembelajaran

6. Materi ajar

7. Alokasi waktu

8. Metode pembelajaran

9. Kegiatan pembelajaran

10. Penilaian hasil belajar

11. Sumber belajar

Kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam keterangan resminya di laman kemdikbud.go.id, pada bulan Desember tahun 2019 mengeluarkan kebijakan pendidikan, “Merdeka Belajar” untuk penyederhanaan RPP, meringankan beban administratif guru.

Kini cara membuat RPP hanya dengan tiga komponen inti dalam satu halaman saja, yang awalnya terdiri dari belasan komponen RPP. Apa saja tiga komponen itu?

1. Tujuan pembelajaran

2. Kegiatan pembelajaran

3. Asesmen atau penilaian pembelajaran

Hal yang penting dari cara membuat RPP oleh Mendikbud Nadiem dijelaskan bukan tentang penulisannya, melainkan proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang sebenarnya terjadi.

Cara membuat RPP yang baik dan benar

1. Cara membuat RPP pertama adalah dilakukan dengan menyusun setiap Kompetensi Dasar yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

2. Cara membuat RPP kedua adalah memuat penjelasan yang singkat, padat, dan jelas. RPP bisa dibaca oleh siapa saja yang mengajar, termasuk siapa saja bisa melakukan sesuai yang dipaparkan tahap demi tahap dalam RPP.

3. Cara membuat RPP ketiga adalah mampu menggambarkan prosedur yang tepat. Memuat struktur organisasi pembelajaran untuk bisa mencapai Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

 

4. Cara membuat RPP keempat adalah menyusun indikator yang melibatkan tiga aspek penting seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik. Meski begitu, ini tidak harus semua.

5. Cara membuat RPP kelima adalah harus memuat audience, behaviour, condition, dan degree. Ini dapat diartikan, dalam RPP harus ada peserta didik (audience), tingkah laku belajar (behaviour), kondisi belajar (condition), dan tingkat keberhasilan (degree).

6. Cara membuat RPP keenam adalah mampu berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misalnya saja membuat jurnal dan berbagai jenis penugasan.

7. Cara membuat RPP ketujuh adalah memuat kegiatan-kegiatan yang terstruktur agar kelas menjadi tidak berantakan.

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran atau instructional objective adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dari rangkaian aktivitas yang dilakukan dalam proses pembelajaran.

(***)

 

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait