Saat Ini Petani Menggunakan Gas LPG 3 Kg Untuk Menghidupkan Pompa Diesal Air di Persawahan

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Terlihat Petani Saat Ini Menggunakan Gas LPG 3 Kg Untuk Menghidupkan Pompa Diesal Air di Persawahan akibat dampak el nino yang menyebabkan aliran irigasi mengalami kekeringan hingga penggunaan pompa dibolehkan oleh pihak terkait dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang sambil menunggu datangnya hujan.

Namun sayangnya, Kepala Bidang Perlindungan, Pasca Panen dan Pemasaran Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Akhmad Jani Masyhudi, S.P bahwa petani saat ini di Kabupaten Jombang menggunakan gas LPG sebagai pengganti solar untuk bahan bakar diesel pompa air di persawahan.

Dari penelusuran wartawan, petani di utara brantas sudah banyak menggunakan gas LPG alasannya bisa menghemat uang dibanding menggunakan bahan bakar solar. Ditambah untuk pembelian solar bagi petani infonya terbilang sulit, seperti yang terjadi 21 Februari 2023 silam Petani ke DPRD Kabupaten Jombang mengadukan nasibnya akibat kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi.

Dari penggunaan gas LPG tersebut diperkirakan berangkat dari impact kesulitan menggunakan BBM Solar. Yang pada gilirannya petani tertarik menggunakan gas LPG tersebut karena bisa sampai satu hari dibanding menggunakan solar hanya memakan waktu enam jam. Alhasil menggunakan LPG ramah lingkungan dibanding menggunakan solar mengeluarkan asab hitam.

Dari salah satu petani yang ada di persawahan Dusun Kalijaring, Desa Kali Kejambon, Kecamatan Tembelang mengatakan, penggunaan LPG ke diesel cukup mengganti karburatornya ke regulator gas LPG. Namun sayangnya para petani tidak memikirkan gas LPG digunakan untuk bahan bakar diesel untuk memompa air di lersawahan. Padahal gas LPG itu digunakan untuk kebutuhan dapur rumah tangga apalagi gas digunakan petani gas subsidi untuk masyarakat miskin.

Sampai berita diturunkan, belum ada keterangan resmi baik dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang maupun dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang. Sedangkan wartawan ini hanya mengetahui, gas LPG hanya diperuntukan untuk kebutuhan rumah tangga. Belum ada keterangan resmi dari Kementerian yang menyatakan bahwa gas LPG boleh digunakan oleh petani.

Dari luaa areal persawahan di Kabupaten Jombang tercatat seluas 40.433,36 hektar pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, yang saat ini mengalami kekeringan persawahan secara masif di Kabupaten Jombang disebabkan oleh faktor alam dampak dari el nino di penghujung tahun 2023 atau menghadapi musim tanam pertama tahun 2024.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait