Sambut Wacana Menhub, DLU Tekankan Kebutuhan Konektivitas Transportasi Darat dan Laut

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT Dharma Lautan Utama (DLU) dukung gagasan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi perlunya perusahaan lokal mempunyai kapal pesiar untuk melayani pariwisata Indonesia.

Menurut CEO dan Penasehat Utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS), wacana Menhub tersebut sangat bagus dan perlu didukung serta direalisasikan guna meningkatkan pertumbuhan pariwisata Indonesia.

“Potensi Indonesia ini luar biasa, baik keindahan lautnya, daratannya, pantainya, alamnya, dan lain sebagainya. Jadi itu ide yang bagus dari Pak Menteri Perhubungan untuk direalisasikan,” ucap BHS usai acara HUT DLU ke 48 di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (17/5/2024) malam.

Dikemukakan, saat ini banyak masyarakat yang suka naik kapal sambil berpariwisata. Dan kapal-kapal DLU sendiri sudah disesuaikan dengan kondisi kapal penumpang pariwisata.

“Masyarakat senang naik kapal DLU karena rasanya seperti di kapal pesiar. Jadi kami telah mengawali apa yang disarankan Pak Menteri Perhubungan,” ujar BHS.

Akan tetapi, sambung BHS, untuk mewujudkan adanya kapal pesiar lokal tersebut perlu konektivitas transportasi darat dan laut, sehingga ketika para turis turun dari kapal bisa langsung disambung dengan transportasi darat untuk menuju ke tempat wisata.

“Konektivitas daratnya itu yang penting. Contohnya di Lombok, ada kapal pesiarnya tapi konektivitas darat lanjutannya belum ada. Begitu halnya di Lembar, kapal pesiarnya ke Lembar ada, tapi tidak ada konektivitas dengan transportasi darat,” papar BHS.

“Jadi kita juga butuh konektivitasnya yang dilakukan oleh daerah,” tandas pria yang terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil Jatim 1 ini.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono menjelaskan, pihaknya akan menggelar rapat untuk merealisasikan wacana Menhub agar ketika diluncurkan bisa siap semuanya.

Bagi DLU, wacana yang disampaikan Menhub sangat positif. “Suntikan semangat semacam inilah yang diperlukan perusahaan untuk memberikan pelayanan lebih baik ke depan,” kata Erwin.

“Atas nama manajemen, kehadiran Menhub, Wali Kota Surabaya beserta para tamu undangan di acara HUT DLU ke 48 ini betul-betul memberikan semangat buat kami, memberikan kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi pada masyarakat,” ucap Erwin di samping BHS.

Dalam acara tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi sempat mengungkapkan bahwa adanya kapal pesiar merupakan suatu kebanggaan bagi suatu negara. Dia pernah membayangkan ketika orang Indonesia berlibur dengan kapal pesiar tidak perlu ke Singapura atau Eropa.

Dan, Menhub juga mengaku salut pada DLU yang salama ini memberikan dedikasinya dalam layanan terbaik pada penumpang kapal laut di Indonesia, dan ternyata juga telah mengoperasikan kapal wisata. Dia berharap dedikasi ini terus dilanjutkan oleh DLU.

Di acara HUT ke 48 yang dihadiri sejumlah pejabat ini, DLU memberikan berbagai penghargaan ke mitra dan rekan kerjanya, yang diantaranya diserahkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Direktur Utama PT DLU. (Gan)

Teks Foto: Para pejabat yang hadir di Acara HUT PT DLU ke-48 sekaligus penganugerahan penghargaan pada mitra terbaik, Jumat (17/05/2024)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait