beritalima.com

SaSuka Online Miliki Koperasi Konsumen

  • Whatsapp
Caption Foto :Teken MoU PT. SaSuka Online dan Koperasi Konsumen Nasional SaSuka Online Indonesia.

JAYAPURA, beritalima.com | Perusahaan starup baru, yang kini mulai mengembangkan bisnisnya di Papua PT. SaSuka Online, kini telah miliki fitur Koperasi bagi semua konsumen SaSuka Online di Tanah Air. Koperasi ini dibentuk untuk memperkuat posisi SaSuka di Indonesia. Jumat (22/1/2021).

Peresmian dan penandatanganan MoU Koperasi yang disebut Koperasi Nasional Konsumen SaSuka Online Indonesia bersama PT. SaSuka Online ini dilakukan di Ballroom Hotel Grand Tjokro Kabupaten Sleman Yogjakarta, Jumat (8/1/2021) lalu dan turut dihari Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Ir. Teguh Budiyanto.

Ketua Koperasi SaSuka Online Indonesia Adi Sumunar mengawali sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan koperasi pada dasarnya tidak terlepas dari prinsip kemandirian yang mengarah pada terwujudnya keberlanjutan dan eksistensi. Keberadaan koperasi sebagai sokoguru perekonomian yang mengedepankan kesejahteraan bersama, pun Koperasi Konsumen Nasional SaSuka Online Indonesia. Koperasi dewasa ini diharapkan mampu menjadi lokomotif percepatan pemulihan ekonomi atas hadirnya krisis dalam menghadapi era persaingan usaha.

“Perkembangan koperasi sampai saat ini menunjukkan trend yang positif, namun pergerakannya masih belum cukup signifikan. Atas dasar kondisi tersebut para pengelola koperasi perlu melakukan inovasi agar mampu meraih peluang usaha dari lintas sektor yang jumlahnya sangat banyak. Alasan inilah yang melatarbelakangi hadirnya Koperasi SaSuka Online Indonesia,” katanya.

Sebagai Koperasi Konsumen Nasional terang Adi Sumunar, pengelola membawa semangat baru dalam dunia perkoperasian dengan konsep yang lebih modern. Koperasi SaSuka Online Indonesia adalah perusahaan start up berbasis koperasi yang memiliki fokus terhadap industri ekonomi digital Indonesia.

beritalima.com

“Hal tersebut dapat diwujudkan melalui Penyelenggaraan tata kelola koperasi yang transparan dan akuntabel dengan di dukung sistem informasi yang handal (SHU secara real time), lalu
memantapkan koordinasi dengan para pelaku lintas usaha dalam rangka sinergi, pembinaan serta pemberdayaan koperasi dan UMKM dan membangun kultur koperasi yang berintegritas tinggi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis kearifan lokal serta
Meningkatkan aktivitas perkoperasian yang responsif terhadap perkembangan teknologi,” jelasnya.

Adi menambahkan,bahwa sinergitas Koperasi SaSuka Online Indonesia dengan teknologi hadir melalui Aplikasi Sasuka. Aplikasi SaSuka adalah aplikasi multifungsi dan pasar digital yang diciptakan khusus oleh Koperasi Sasuka Online Indonesia untuk mengakomodir semua kebutuhan masyarakat dalam berbelanja dan berbisnis secara online dengan mudah dan praktis.

“Harapan terhadap koperasi dimasa depan agar mampu bertahan dengan melakukan revitalisasi, memanfaatkan sumberdaya secara optimal, resilien menghadapi krisis, cerdas, responsif dan adaptif melalui kebijakan yang diambil. Semua harapan tersebut dapat lebih cepat terwujud jika ada sinergitas yang saling mendukung antara pengelola koperasi dengan pemerintah melalui bimbingan dinas terkait di berbagai wilayah,” ucapnya.

Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Ir. Teguh Budiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa,dimasa pandemik dengan segala pembatasan aktivitas, kita diharapkan untuk tetap dapat melakukan kegiatan secara produktif. Kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, dirnya mengarahkan dan mengajak masyarakat untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, yaitu melirik sistem pemenuhan kebutuhan secara online.

“Dengan hadirnya Aplikasi SaSuka, semoga semua kebutuhan masyarakat bisa dilayani dengan pemesanan online sebagaimana ini sejalan dengan salah satu kegiatan yang ada. Beliau juga menyampaikan semoga kerja sama antara PT SaSuka Online Indonesia dengan Koperasi SaSuka Online Indonesia membawa angin segar bagi kita semua,” ucapnya.

Hal ini selaras dengan pemerintah pusat bahwa tahun 2021-2024 program koperasi mengarah pada digitalisasi koperasi, yang dalam hal ini Koperasi SaSuka Online Indonesia sudah mengarah pada hal itu. Dirinya juga menyampaikan beberapa poin tentang legalitas. Apresiasi diberikan kepada seluruh jajaran pengurus Koperasi SaSuka Online Indonesia yang pada saat ini sudah memproses segala perizinan kelembagaannya sehingga dapat di resmikan.

“Harapannya bersinergi dengn stakeholder yang ada di lingkungan, sehingga masyarakat akan mampu merasakan kebermanfaatnya sehingga dapat membantu pemerintah dalam memajukan perekenomian bangsa melalui digitalisasi,” katanya.

Peresmian Koperasi SaSuka Online Indonesia secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali yang didampingi oleh Ketua Koperasi Sasuka Online Indonesia Adi Sumunar, Dian Ardiyanto selaku sekretaris dan Vincentius Haryo selaku Bendahara. Setelah peresmian koperasi, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU kerja sama antara PT. Sasuka Online Indonesia dengan Koperasi SaSuka Online Indonesia sekaligus penyerahan lisensi aplikasi yang didampingi oleh masing-masing pengurus kedua belah pihak serta disaksikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait