Seminar HIPIIS Hadirkan Pakar Kemaritiman Rivai Ras

  • Whatsapp

Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) Sulsel, akan menggelar seminar nasional, 26-28 Agustus 2016 di Makassar, bertemakan, Transformasi Masyarakat Maritim Menuju Kemandirian Bangsa.

Salah seorang nara sumber dalam pertemuan skala nasional ini adalah, pakar kemaritiman yakni, Kolonel Laut Dr.Ir. H.Abdul Rivai Ras, MM, MS, M.Si. Sehari-hari adalah Kepala Program Pascasarjana Studi Keamanan Kemaritiman Universitas Pertahanan di Jakarta.

Demikian ditegaskan Ketua Panitia Seminar HIPIIS Sulsel, Dr.Hj.Rabina Yunus, M.Si didampingi Sekretaris Panitia, Dr.Sakaria, M.Si, di Makassar, Rabu 4 Mei 2016.

Dijelaskan, nara sumber yang juga dosen pakar TNI dan dosen tidak tetap pada PPs-UI kajian stategik ketahanan nasional serta alumni Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) 2010 ini, pada 2 Mei 2016 sempat melakukan silaturrahim ke sekretariat panitia seminar di kampus Unhas, ungkap Rabina.

Nara sumber utama adalah, Presiden RI ke-6 SBY, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu serta Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB Arief Satria, kata doktor kesejahteraan sosial PPs-UI Jakarta ini.

Seminar Nasional digelar HIPIIS Sulsel kerjasama Pusat Pengembangan Penelitian Kependudukan dan Jender (P3KJ) LP2M Unhas. Sub tema akan dibicarakan selama seminar yakni; Transformasi Sosial Budaya, Transformasi Sosial Politik, Transformasi Sosial Ekonomi, Trnasformasi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Transformasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Transformasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), Transformasi Hukum dan Kelembagaan Sosial, Penataan Ruang Wilayah Pesisir serta Pemberdayaan Perempuan Pesisir, tegas dosen FISIP Unhas ini.

Rabina berharap kepada peminat masalah maritim yang ingin menyumbangkan kertas karya ilmiahnya terkait sub tema tersebut dapat mengirim ke panitia seminar di email, hipiis.sulselmakassar@gmail.com. Semua kertas karya serta makalah utama, dari pihak panitia akan menerbitkan dalam bentuk prosiding seminar, tegasnya.

Pihak panitia telah mempersiapkan administrasinya, beberapa peserta dan penyumbang karya tulis telah menyatakan kesiapannya kepada panitia untuk berpartisipasi pada seminar tersebut. Sekretariat panitia seminar HIPIIS yakni. di Kampus Unhas Tamalanrea Makakassar, Kantor Pusat Pengembangan Penelitian Kependudukan dan Jender (P3KJ) LP2M Unhas, ungkap Rabina. (ulla/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *